Sri Langka adalah sebuah negara kecil nan unik yang terdapat cukup banyak ceritan dan sejarahnya. Negara ini juga terkenal dengan produk-produk perkebunannya loh gengs, apalagi teh nya. Tapi, apa kalian tau apa aja makanan khas Sri Lanka? Coba simak aja nih pembahasannya :D

1. Ambul Thiyal

makanan khas sri lanka

Sumber: mysrilankanrecipe.com

Nah salah satu kekuatan pada masakan Sri Langka ada di masakan seafoodnya. Nah Ambul Thiyal adalah masakan ikan yang dibumbui dengan kari gengs.Ikan yang digunakan adalah ikan tuna nih guys.

Cara masakanya yaitu, ikan dipotong – potong menjadi seperti dadu. Trus dicampur deh sama rempah – rempah . nah uniknya, masakan ini adalah masakan kari yang kering. Sehingga hanya dibutuhkan sedikit air untuk memasaknya.

2. Kottu

makanan khas sri lanka

Sumber: houseofcurrymn.com

Kottu ini merupakan makanan khas Sri Langka yang menyerupai nasi goreng. Bedanya, berasnya diganti dengan roti loh gengs.

Biasanya makanan ini disajikan dengan saus kari yang di tuangkan ke sebagian atau keseluruh hidangan. Oiya, rotinya pun lain loh gengs. Rotinya sendiri bernama roti Godamba! Sama ga yaa rasanya dengan nasi goreng di Indonesia? :D

3. Kukul Mas

makanan khas sri lanka

Sumber: roshani.co.uk

Sebenernya sih, kukul mas adalah masakan ayam yang direbus dan dibumbui dengan kari gengs. Tapi disetiap daerah di Sri Langka, beda-beda nih rasa penyajiannya.

Ayam ini biasanya direbus dengan bumbu dan rempah-rempah agar mersap sampai dalam bumbunya. Enaknya sih, makan Kukul mas pake roti atau nasi hangat gengs!

4. Parippu

makanan khas sri lanka

Sumber: vimmyrecipeworld.com

Tetap menggunakan kari, masakan Parippu ini menggunakan bahan dasar yaitu Kacang lentil merah. Awalnya, lentil merah ini di cuci dan direbus hingga lunak gengs.

Abis itu baru deh ditambahin sama bumbu kari gengs. Biasanya makanan ini dimakan berdampingan dengan roti. Cie Parripu aja berdampingan sama roti, masa kalian ga punya pendamping juga?

5. Lamprais

makanan khas sri lanka

Sumber: flava8.com

Nah, makanan satu ini sih terlihat seperti nasi warteg campur. Eits tapi ternyata beda loh. Lamprais ini adalah makanan berupa nasi, dagung, dan sambal yang dikukus berbarengan.

Biasanya, campuran daging ini sebelum dicampur dan dikukus, akan diberikan tambahan cengkeh dan kayu manis. Setelah itu daging, nasi, dan sambal akan di bungkus dengan daun pisang yang ditambahai aneka lauk lainnya dan di kukus.

Nah itu dia deh makanan khas Sri Langka yang harus kamu coba. Emang sih rata – rata makanan ini bubunya pakai kari. Jadi bagi yang tidak suka kari, paling sih cuma bisa ngeliatin makanannya aja hehe. Have a nice day guys! :D