Ini 6 Fakta Suku Baduy Indonesia, Keren Banget Sob!

Suku Baduy

Lo semua pasti tau dong ya Suku Baduy. Sekarang kita coba liat yuk fakta-fakta menarik dari suku pedalaman Banten ini. Jangan ngaku lo orang Indonesia kalo gak kenal saudara sendiri.

1. Suka banget jalan kaki

Sumber: klimg.com

Suku Baduy mungkin bisa dibilang suku yang jantungnya paling sehat kali ya? Bayangin aja, mereka itu sukanya jalan kaki kemana aja. Bahkan gue pernah ketemu Suku Baduy di Jakarta, dan kata temen gue yang ngajak ngobrol mereka jalan kaki aja gitu ke Jakarta hanya berbekal barang-barang yang bisa dijual dari kampungnya. Keren banget dah sob!!

2. Masih menganut perjodohan seperti jaman dahulu

Sumber: Email if it's yours

Bagi mereka, perjodohan adalah hal yang sangat biasa. Mereka juga gak pernah ada yang menolak perjodohan yang udah diatur. Walaupun mereka gak suka nih sama pasangannya, ya cukup dia dan Tuhan aja yang tau. Gak bisa kayak kita yang kalau galau bisa nulis di semua media sosial hehehe.

3. Peralatan mandi yang super sederhana

Sumber: wisatahalimun.co.id

Kalo lo berkunjung ke suku baduy, jangan harap deh lo bisa mandi pake sabun, shampo ataupun sikat gigi pake odol!! Mereka itu sangat menjaga alam mereka, makanya kalo mandi ya pake batu sungai aja kalo mau sikat gigi pake sabut kelapa. Oh ya, kalian sangat tidak diperbolehkan bawa sabun colek juga loh buat cuci pakaian!

4. Budaya cuci kaki sebelum masuk ke rumah

Sumber: Email if it's yours

Kalo kita mungkin dirumah hanya cuci kaki kalo mau masuk ke kamar, cuma mungkin karena di Baduy mereka biasanya nyeker dan jalan kemana-mana, maka kalo masuk ke rumah lo harus banget cuci kaki di wadah yang terbuat dari bambu. Wadah itu biasanya disediain didepan rumah sama si pemilik, jadi gausah khawatirr dan setelah lo rendem kaki lo di situ, bisa dikeringin pake kain warna item yg udah disediain juga.

5. Pemimpinnya bernama Pu’un

Sumber: esaunggul.ac.id

Siapasih yang bernama Pu’un ini? Sebenernya bukan nama sih lebih tepatnya kayak gelar aja. Bisa jadi kayak kepala desa disitu gitu. Orang yang menjadi pemimpin suku Baduy ini memiliki kemampuan luar biasa seperti bisa nyembuhin orang sakit, nyariin jodoh, nyari kerja dan masih banyak lagi. Orang luar yang mau ketemu sama dia bisa banget, asalkan tau tujuannya apa dan jangan sampe ngerokok didepan dia! Tabu banget pokoknya gak boleh!!

6. Mengukur kekayaan lewat tembikar kuningan

Sumber: universalindonesia.com

Nah, kalo lo pingin tau orang baduy itu kaya atau enggak agak sulit nih guys! Soalnya lo gak bakalan bisa lihat dari bentuk rumahnya atau besarnya gitu. Karena semuanya tuh bakalan sama aja bentuknya! Tapi, kalo lo boleh masuk rumahnya dan lo liat dia punya banyak tembikar kuningan di rumahnya itu berarti dia kaya dan status sosialnya cukup tinggi di desa situ.

Gimana? Apa tertarik untuk main ke kawasan Suku Baduy?

401 shares
Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Loading ...

Rame Banget

  1. Pengen Kamar Bagus dengan Budget Minim? Begini Caranya!