Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

Hindari Mengatakan 6 Kalimat Ini ke Dirimu Sendiri Kalo Ingin Sukses!

Nurus Sobah Jan 12, 2019 1:00 PM
Kalimat yang goleh diucapkan pada diri sendiri.

Tahukah kamu, Guys kata-kata yang kita pilih punya efek yang kuat pada cara kita melihat dunia dan diri kita sendiri. untuk menikmati hidup kamu, kamu perlu mengubah kalimat-kalimat negatif yang kamu tujukan pada diri sendiri dengan kalimat yang jujur dan dapat membantu kamu melewati masa-masa sulit.

Kita lebih sering berkomunikasi dengan diri kita sendiri dibandingkan dengan orang lain. Sayangnya, sebagian besar kalimat yang kita ucapkan pada diri kita sendiri seringkali berupa kalimat negatif yang pada situasi tertentu bisa memperburuk keadaan mental kita. Mengubah cara berbicara pada diri sendiri bukanlah hal yang mudah dilakukan. Ini sepenuhnya merupakan kebiasaan yang perlu dipraktikkan setiap hari dari hal-hal sederhana.

Berikut adalah enam frasa yang umumnya kita ucapkan pada diri kita sendiri dan alternatif yang lebih konstruktif yang bisa membantu kamu jadi lebih baik terhadap diri sendiri.

 

1. "Aku Emang Bodoh"

Source: rftcjapan.org

Semakin sering kamu berkata bahwa kamu bodoh, maka kamu akan semakin yakin bahwa kamu benar-benar bodoh, gak mampu, dan gak bisa melakukan sesuatu.

Daripada berkata “aku emang bodoh,” ada baiknya berkata “Aku belum mengerti tentang ini sekarang…”. Dengan begitu, kamu akan terpacu untuk berusaha supaya lebih mengerti. Selain itu, kamu bisa lebih menghargai diri kamu sendiri. itu yang paling penting. Kalo kamu sendiri gak menghargai kemampuanmu sendiri, maka orang lain juga gak akan menghargai kamu.

 

2. “Aku Seharusnya Bisa …. Sekarang"

Source: www.pairin.com

Hindari selalu merasa kecewa ketika dirimu gak berhasil mencapai keinginanmu.

Gak memenuhi harapan pribadi bisa jadi alasan utama untuk menyalahkan diri sendiri. sebaiknya, mulai ganti kata “harus” dengan “bisa”. Kamu gak bisa memaksakan diri kamu sendiri. so, stop menyalahkan diri sendiri. Kamu bisa berkata, "Aku bisa menikah sekarang dan aku memilih untuk fokus pada karierku sebagai gantinya." "Aku bisa stabil secara finansial sekarang dan aku memilih untuk mengambil risiko dan mencoba segala hal. Juga, saat kamu kecewa dengan apa yang gak kamu capai coba berfikir, "Mungkin ini lebih baik daripada yang aku rencanakan. " dan hitunglah banyak hal positif yang kamu dapatkan dari kondisi kamu sekarang. Kamu akan bersyukur karena melalui jalan ini!

Baca Juga: Punya 5 Ciri Ini? Berarti Kamu Berhati Sempit! Hindari dari Sekarang!

 

3. "Ini Semua Salahku"

Source: everydayfeminism.com

Sering berucap “ini semua salahku” akan membuatmu semakin merasa bersalah.

Kamu sering merasa bahwa yang orang lain lakukan dan katakan adalah reaksi terhadap apa yang kamu lakukan. Akhirnya kamu merasa bersalah dan menilai diri sendiri secara negatif. Yang benar adalah bahwa orang lain bertanggung jawab atas pilihan mereka sendiri, sama seperti kita bertanggung jawab atas pilihan kita. Cobalah untuk lebih sering mengatakan, “Aku berperan dalam situasi ini dan aku akan bertanggung jawab atas keputusan dan tindakanku sendiri."

 

4. "Aku Seharusnya Gak Gitu..."

Source: cloudfront.net

Hindari menghakimi kesalahan dirimu sebagai hal yang gak termaafkan.

Penyesalan sangat kuat untuk memunculkan kalimat dan pemikiran negatif. Itu terjadi saat kamu melihat kembali ke masa lalu pada hal-hal yang gagal kamu lakukan, yang udah terlanjur kamu lakukan, atau yang gak pernah kamu lakukan. Kamu jadi menghakimi perbuatan di masa lalu kamu sebagai kesalahan yang gak termaafkan. Mulailah pertimbangkan manfaat dari peristiwa masa lalu, kalo itu gak terjadi, kamu gak akan  sesukses sekarang; kalo kamu gak gagal di cinta pertama kamu, kamu mungkin gak akan pernah ketemu dengan si dia sekarang; kalo kamu dulu gak salah jurusan, mungkin kamu sekarang masih jadi pribadi yang manja dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Kehilangan Teman dan Sahabat dalam Hidup Itu Wajar, Ini 5 Alasannya!

 

5. "Mereka Pasti Berpikir Kalo Aku …."

Source: amazonaws.com

Menganggap kalau diri sendiri mengetahui apa yang orang lain pikirkan akan membuatmu selalu berpikir negatif.

Ungkapan-ungkapan semacam ini adalah jenis penilaian yang paling umum yang mengarah pada self-talk negatif. Saat kamu menganggap kamu tahu apa yang orang lain pikirkan atau rasakan tentang kamu, kamu menilai bahwa pikiran mereka negatif dan kemudian kamu mulai mencaci diri kamu sendiri. Dengan kata lain, kamu sebenarnya setuju dengan asumsi yang kamu buat sendiri, bahkan kalo asumsi itu gak berdasar pada kenyataan. Asumsi kamu lebih sering mencerminkan apa yang kamu pikirkan tentang diri kamu sendiri daripada apa yang orang lain pikirkan tentang kamu.

Ingat, kamu gak bisa tahu apa yang orang lain rasakan atau pikirkan; fokus pada apa yang benar-benar kamu tahu aja. Alih-alih mengatakan sesuatu seperti, "Dia pikir aku gak cukup baik," fokus pada tindakan itu sendiri. Jadi itu menjadi, “Dia gak ngajak aku hang out. Berarti dia gak ngajak aku, gak kurang gak lebih. " jangan tambahkan asumsi ke dalamnya!

Baca Juga: Membangun Kembali Hubungan Setelah Adanya Perselingkuhan, Kenapa Nggak?

 

6. "Kenapa Aku Gak Kaya Mereka?"

Source: lifehack.org

Hindari sifat selalu membandingkan pencapain diri sendiri dengan pencapaian orang lain.

Saat kamu membandingkan diri kamu dengan orang lain, kamu akan melihat apa yang dimiliki orang lain dan apa yang gak kamu miliki. Sama aja kamu membandingkan bagian “dalam” diri kamu dengan bagian “luar” orang lain. Artinya, sebenarnya yang kamu tahu tentang orang lain hanyalah dari kelihatannya aja.

Membandingkan diri kamu dengan orang lain menciptakan penderitaan untukmu sendiri. Lain kali kalo kamu mulai membandingkan diri kamu dengan orang lain, fokuskan pada kelebihan orang lain DAN kelebihan kamu. Lihat bahwa setiap orang memiliki kelebihan masing-masing. Alih-alih memandang kehidupan sebagai kompetisi, anggaplah itu sebagai kerja sama. Cobalah untuk lebih sering mengatakan, “Mereka melakukannya dengan sangat baik; ada cukup banyak kebaikan di dunia bagi kita semua.”

Baca Juga: Rahasia di Balik Sikap Cuek Cowok yang Sebenarnya Penuh Arti, Cewek Wajib Tahu!