Hindari 7 Jenis Perawatan Rambut Ini Kalau Gak Ingin Rambutmu Rusak!

Source: memphishealthandfitness.com

Tahu gak sih kamu? Kebanyakan hal yang biasa kita lakukan pada rambut bisa merusak? Mungkin diantara kalian masih ada yang kerap melakukan perawatan rambut dengan cara yang keliru, kekeliruan tersebut ternyata bukannya membuat rambut menjadi sehat dan semakin indah, tapi justru bisa menjadi penyebab rambutmu menjadi rusak.

Berikut ini ada beberapa praktik perawatan rambut populer yang mungkin bisa merusak rambut kamu dan sebaiknya mulai sekarang harus kamu hindari agar rambutmu tetap sehat dan indah. Apa saja jenis perwatan rambut rambut yang justru membuat rambut menjadi rusak? Berikut ulasannya untuk kalian!

 

1. Gak Rutin Memotong Rambut

Source: www.nydailynews.com

Kebiasan memotong rambut tidak rutin akan berdampak pada kesehatan rambut.

Kalo kamu pernah punya rambut panjang pasti kamu tahu banget rasanya males potong rambut. Faktanya, perempuan yang lebih suka rambut panjang cenderung melewatkan potong rambut supaya lebih cepat panjang.

"Sebagian besar orang dengan rambut panjang berpikir memotong rambut itu gak perlu," kata Jamielynn De Leon, pemilik Rogue House Salon di NYC dalam salah satu wawancara. "Sebenarnya, ya, rambutmu tumbuh dari akar, tetapi ujung rambutmu yang rusak dan perlu perhatian khusus."

De Leon menjelaskan bahwa penggunaan shampo harian yang mengandung sulfat dan garam yang keras bisa menyebabkan ujung rambut bercabang. Ujung rambut yang bercabang justru sulit untuk berkembang. De Leon juga menyarankan untuk memotong rambut setiap dua hingga tiga bulan.

 

2. Terlalu Banyak Menggunakan Kondisioner

Source: www.naukrinama.com

Selama ini banyak orang berangggapan jika semakin banyak menggunakan kondisioner maka rambut akan semakin lembut, ternyata hal tersebut adalah salah.

Siapa disini yang berpikir kalo semakin banyak kondisioner, semakin lembut rambutnya? Ternyata salah.

"Kondisioner punya fungsi untuk menambah kelembapan dan gak membuat rambut kamu lembut seperti yang kebanyakan orang pikirkan," kata De Leon, yang juga mencatat bahwa banyak kliennya salah memahami cara yang tepat untuk mengaplikasikan kondisioner ke rambut mereka. "Kamu mungkin berpikir harus meletakkan kondisioner di kulit kepala, seharusnya kondisioner hanya digunakan untuk ujung-ujung rambut."

De Leo juga mencatat bahwa kebanyakan shampo dan kondisioner sehari-hari sering mengandung sulfat, yang gak menyehatkan rambut tapi malah merusaknya. Sebagai gantinya, dia merekomendasikan menggunakan masker rambut satu atau dua kali seminggu, tergantung pada gimana keadaan rambut kamu. "Melakukan hal itu akan menambah protein dan nutrisi untuk rambut," katanya.

 

3. Hobi Hair Extensions

Source: www.hellosehat.com

Hair Extensions yang dilakukan dengan tidak tepat memiliki risiko kebotakan jika rambut ditarik. 

"Gak punya jenis ekstensi atau perawatan yang tepat pada rambut bisa mengakibatkan kebotakan jika rambut ditarik," De Leon memperingatkan.

Lebih baik lakukan penelitian dan temukan penata rambut terkemuka yang mengkhususkan diri dalam extension. Ini bisa membantu memastikan kamu menemukan extension yang paling sesuai untuk jenis rambut kamu.

 

4. Terlalu Ketat Menguncir Rambut

Source: www.elle.com

Hindari menguncir rambut terlalu ketat, karena dapat merusak garis rambut depan.

Kepang dan kuncir rambut bisa jadi pilihan yang cepat dan praktis untuk menata rambut. Tapi hati-hati kalo kamu mengepang atau menguncir rambut terlalu ketat. Menarik rambut dengan kunciran bisa merusak garis rambut depan kamu kalo terlalu ketat. Usahakan untuk menguncir agak lebih longgar ke arah tengkuk leher. Pita karet dan elastis juga bisa merusak rambut. Gunakan ikat rambut yang lebih lembut ya.

Baca Juga: Ini Dia Kesalahan Penataan Rambut Yang Bikin Keliatan Lebih Tuwir!

 

5. Terlalu Sering Menggunakan Dry Shampoo

Source: www.matrix.com

Penggunaan dry shampoo terlalu sering dapat menyebabkan peradangan rambut.

Dry shampoo adalah pilihan yang tepat saat minggu sibuk. "Baru-baru ini, saya melihat lebih banyak pasien kehilangan rambut karena terlalu sering menggunakan dry shampoo, "kata ahli kulit NYC Dhaval G. Bhanusali, MD dalam sebuah wawancara. "Dengan melakukan ini, bisa menyebabkan peradangan meningkat. Hal ini juga bisa menyebabkan peningkatan kerentanan terhadap kerusakan juga."

Dr. Bhanusali merekomendasikan untuk menggunakan dry shampoo hanya dua kali seminggu.

 

6. Menyisir Ketika Rambut Basah

Source: www.bustle.com

Rambut yang dalam keadaan basah lebih rentan terhadap kerusakan, biarkan rambut mengering terlebih dahulu sebelum disisir.

"Rambut basah jauh lebih rentan terhadap kerusakan," kata De Leon. Kalau memungkinkan, dia menyarankan membiarkan rambut kamu kering sebelum menyisir, pastikan untuk mulai dari ujung rambut, baru setelah kekusutan di ujung rambut udah diatasi, sisir dari bagian atas. "Jika Anda harus menyisir rambut basah," ia mencatat, "gunakan sisir bergigi jarang."

Baca Juga: 10 DIY Beauty Hacks Yang Membuat Kamu Makin Merana

 

7. Mengeriting/Meluruskan Rambut  Ketika Masih Lembab

Source: www.besthairflatirons.com

Jangan coba-coba menggunakan pengeriting atau pelurus rambut saat rambut lembab, atau rambutmu akan menjadi rapuh.

Mungkin ada yang udah pernah nonton beauty-hack untuk menggunakan pengeriting atau pelurus rambut saat rambut semi-lembab. Atau udah pernah coba? Kalo belum jangan coba-coba ya. Itu bisa membakar rambut kamu sampai kering, menyebabkan rambut jadi lebih rapuh.

Baca Juga: 10 Tips Tampil Dengan Makeup Natural dari Bobby Brown

Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Loading ...