Beberapa cowok dibesarkan di lingkungan dimana rasa percaya diri diajarkan dan didorong, sehingga membuatnya menjadi pribadi yang percaya diri, sedangkan kebanyakan lainnya gak. Hal inilah yang membuat beberapa cowok memiliki kepribadian pemalu.

Apakah kalian salah satu cowok pemalu nih, Guys? Jangan khawatir, kabar baiknya kamu bisa kok membangun kepercayaan diri dengan cara-cara dan kebiasaan yang sederhana. Begini caranya!

 

1. Berpikir Positif

Source: www.wowkeren.com
Berpikir positif akan membantu cowok lebih optimis dan percaya diri.

Pemikiran positif akan membantu cowok pemalu untuk mendapatkan kepercayaan dirinya dari waktu ke waktu. Inilah yang perlu kalian lakukan jika kalian adalah cowok pemalu, untuk setiap peristiwa negatif, pikirkan tiga hal positif yang kalian dapatkan darinya. Kalau terbiasa melakukan ini, otak kalian akan terlatih untuk menemukan hal positif dalam segala hal. Ini akan membuat kalian jadi cowok yang lebih optimis dan percaya diri.

 

2. Apresiasi Diri Sendiri

Source: www.mogohallyu.com
Memberi apresiasi kepada diri sendiri setelah melakukan pencapaian akan menumbuhkan rasa percaya diri.

Zaman sekarang, cowok lebih sering menghabiskan waktu untuk menyalahkan diri mereka sendiri. Mereka jarang mengakui perbuatan mereka yang benar. Mulai sekarang, saat kalian melakukan hal yang benar atau berhasil melakukan sesuatu, beri apresiasi ke diri kalian sendiri! Setelah sebulan, ingat lagi apa aja yang udah kalian lakuin, dan kalian akan lebih percaya diri karena ternyata kalian bisa melakukan banyak hal.

Baca Juga: Kenali 6 Tanda Cewek Lo Mau Minta Putus, Peka Dari Sekarang, Boys!

 

3. Jadi Yang Kalian Mau

Source: www.pekanbaru.tribunnews.com
Salah satu cara menghilangkan rasa minder adalah dengan menjadi apa yang kalian inginkan, tanpa pusing perkataan orang.

Terkadang seseorang merasa minder karena gak bisa mengekspresikan dirinya dengan baik lewat penampilan. Maka dari itu, untuk membangun kepercayaan diri yang maksimal, mulailah merawat dan menjaga diri kalian seperti yang kalian inginkan. Bisa juga kalau selama ini kalian ingin punya model rambut atau gaya berpakaian tertentu, tapi takut dikomentari orang lain. Sesekali, cobalah untuk mengikuti kata hati dan ubah penampilan kamu dan jangan takut dengan persepsi orang lain.

 

4. Belajar Keterampilan Baru

Source: www.news.chosun.com
Jangan ragu dan takut mempelajari keterampilan baru, hal itu berguna untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri.

Keterampilan baru akan meningkatkan harga diri kamu. Pilih hal yang benar-benar ingin kamu lakukan tapi selama ini kamu anggap mustahil. Bahkan pencapaian terkecil pun bisa membuat kamu merasa udah jadi pribadi yang lebih baik, memberi kamu energi yang bisa kamu bawa ke aspek lain dalam hidup kamu.

Baca Juga: Jauhi 5 Sifat Ini Biar Gak Gampang Dimanfaatkan Orang Lain!

 

5. Rileks

Source: www.wattpad.com
Biasakan untuk bersikap rileks, rasa tidak percaya diri kerap muncul karena kalian gelisah.

Ketidakpercayaan diri biasanya muncul dari kegelisahan. Nah, gimana cara menyingkirkan kegelisahan dan kecemasan? Selama gangguan kecemasan kamu gak parah, kamu bisa melakukan langkah kecil untuk mengatasinya seperti mengambil nafas panjang. Ambil nafas dalam-dalam dan lepaskan pelan-pelan. Lalu tegakkan kepalamu, dorong dan kendalikan situasinya. Itulah yang dilakukan oleh orang-orang yang percaya diri.

 

6. Belajar Memaafkan Diri Sendiri

Source: www.layar.id
Balajralah memaafkan diri sendiri agar bisa lebih focus menata masa depan dengan percaya diri.

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Tapi, kalian gak boleh terus-terusan menyesali kesalahan dan gak bisa move on, kalian akan terus dihantui olehnya dan selalu merasa minder. Maka, belajarlah untuk memaafkan diri kalian sendiri atau orang lain yang pernah menyakiti kalian. Dengan begitu, kalian bisa fokus menata masa depan dengan lebih percaya diri.

Baca Juga: Bedanya Cowok dan Cewek Kalau Belanja di Mall, Pasti Kalian Banget Nih!

 

7. Ramah pada Orang Lain

Source: www.allkpop.com
Bersikaplah baik kepada orang lain, tebarkan senyum karena senyum membuat seseorang menjadi lebih percaya diri.

Siapa yang gak suka diperlakukan dengan baik oleh orang lain? Nah, kalo kalian ingin diperlakukan dengan baik, kalian juga harus melakukannya. Cobalah untuk senyum dan menyapa orang-orang di sekitar lingkungan kalian. Senyum dan keramahan yang ikhlas bisa “menular”. Senyuman juga bisa membuat seseorang menjadi lebih percaya diri terhadap lingkungan sekitarnya.

Baca Juga: Sering Ngucapin Kalimat Ini? Tanda Hidupmu Gak Bahagia!