Ketika umurmu mencapai usia 25an, kemungkinan besar banyak teman mu apalagi yang wanita sudah memutuskan untuk melangsungkan pernikahan. Semua sosial media, mulai dari instagram sampai facebook, seakan tanpa ampun menghujani kita dengan foto-foto pernikahan maupun foto-foto lamaran, betul tidak?

Bagi yang belum punya pasangan , dihujani foto-foto pernikahan yang sangat deras di sosial media akan sangat menyayat hati dan sangat membuat baper. Kadang, ingin rasanya menghapus akun-akun sosial media yang kita punya, agar terhindar dari melihat foto-foto pernikahan. Paling banyak sih terjadi buat kaum wanita.

Bertubi-tubi undangan pernikahan dari teman, temannya teman, mantan gebetan, sepupu terus berdatangan pasca lebaran ini. Untuk yang single alias belum punya pasangan alias belum kelihatan pasangannya siapa pasti sekuat tenaga ingin menolak hadir ke pernikahan tersebut. "Tapi ingin gak dateng, gak enak juga. soalnya dia baik sama saya." Dan pasti banyak yang berpikir demikian. Perasaan galau, resah, gundah itu wajar terjadi bagi para single yang melihat teman-temannya nikah terlebih dahulu. Wajar memang dan manusiawi. Setiap manusia pasti akan diuji dengan rasa takut, kelaparan, kekurangan harta. Karena begitulah yang tercantum dalam kitab suci agama yang saya anut.

Oleh karena itu, lakukan lah 5 hal ini agar kamu tidak terlalu galau melihat teman kamu yang sudah nikah.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Cewek Cantik Terkadang Memilih Cowok yang Kurang Ganteng?


1. Buang Segala Pikiran Negatif Kamu

 

pikiran negatifSource: kompas.com
Pikiran negatif tidak baik di simpan, lepaskan aja dari otak kamu
"Hayolooo si A udah nikah, si B udah dilamar. Terus lue kapan?  Hayoloo, ditinggal nikah temen terus deh." Pikiran semacam ini terus menghantui benak para single ketika melihat foto-foto pernikahan berseliweran di sosial media. Walaupun mau mengelak dari pemikiran itu, rasanya pasti akan tetap kepikiran, kan?Yuk, hidup mah dibuat simple aja. Buang jauh-jauh deh pikiran kayak begitu. Tidak ada yang namanya lomba-lombaan dalam pernikahan. Karena kegalauan tidak berakhir hanya dengan pernikahan kok. Faktanya segala beban hidup belum berakhir ketika sudah menikah. Justru setelah menikah, kita masih akan diuji oleh hal-hal lain. Berhentinya manusia diuji itu adalah ketika mati.

So, jangan berpikir enaknya aja setelah nikah, karena masih akan ada ujian yang lain. Jangan berpikiran negatif dengan perkataan semacam ini di pikiran kita "kenapa sih gue belom dapet jodoh kayak temen-temen yang lain? Apa karena gue kurang menarik? Kurang asyik? Kurang gaul? Padahal kalau boleh GR dikit sih, temen-temen gue yang banyak udah menikah itu, gak lebih pinter dan cantik daripada gue, tapi mereka ada jodohnya. Lha, gue masih begini-begini aja." Kurang-kurangin deh mikir yang macam begitu. Hapus semua pikiran itu, dan liputi pikiran kamu dengan hal yang produktif.


2. Sibukkan Diri dengan Hal Produktif dan Ikut Komunitas Sesuai Hobimu


sibukkan diriSource: beritatagar.com
Dengan menyibukkan diri otak kamu akan mengalihkan kegalauan kamu

Salah satu cara untuk meredamkan rasa galau adalah mengalihkannya. Caranya yaitu dengan menyibukkan fisik dan otak kamu dengan hal lain yang lebih produktif. Misalnya bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan hobi kamu. Di situ kamu akan ketemu dengan banyak teman lagi yang bisa mengalihkan rasa galau kamu. Dan ada lagi nih satu point pentingnya, dengan ikuti komunitas kamu bisa jadi menemukan jodoh kamu di situ. Karena banyak teman saya yang menemukan jodohnya di satu komunitas yang sama.

Sudah siap untuk melakukan cara ini untuk meredamkan kegalauan kamu karena teman-teman kamu sudah menikah?

Baca Juga: Hati-hati, Guys Kalau Kamu Jomblo! Ini Dampak Buruknya Buat Hidupmu!


3. Tancapkan dalam Pikiran Kamu dan Selalu Ingat Untuk Jangan Tergesa-gesa Menikah


tergesaSource: humairoh.jpg
Jangan tergesa-gesa menikah karena iri teman kamu sudah menikah

Karena sosial media kita terus-terusan dihujani badai foto pernikahan teman-teman kita, banyak dari kita mungkin ingin cepat-cepat menikah agar kita bisa upload foto-foto pernikahan yang sama seperti teman-teman kita. Hai, pernikahan bukan siapa cepat. Tidak ada perlombaan dalam menikah. Kalian pasti kenal dengan Dude Harlino, salah satu aktor terkenal Indonesia. Dude Harlino, baru menikahi Alyssa Soebandono, ketika umur dia sudah sampai di kepala tiga. Tentu Dude tidak terburu-buru, bukan dalam menikah?

Karena menurutnya, dalam sesi tanya jawab di sebuah stasiun TV, pernikahan itu bukan buat cepet-cepetan, pernikahan itu buat membina keluarga yang paket lengkap (Sakinah, Mawaddah, Warrahmah) jadi bersabar dulu jangan terburu-buru lihat kanan kiri sudah pada menikah. Karena Dude pun bilang bahwa, kesabaran pasti berbuah manis. Dan jodoh sudah ada yang atur, semua diciptakan berpasangan, jadi tak perlu resah. Tetap optimis dan percaya bahwa rencana-Nya itu indah dan terbaik.


4. Fokus Terhadap Kewajiban dan Karirmu


karirSource: ruangperempuan.com
Lakukan hal positif untuk meredam galau kamu dengan meningkatkan karir kamu

Nah terakhir , supaya kamu tidak baper melihat teman nikah, melihat foto-foto teman nikah membanjiri sosial media, mulai fokuskan diri kamu terhadap apa yang jadi kewajiban, pertinggi karirmu kamu. Misalnya yang sederhana coba, orangtua kita sudah maksimal kita bahagiain belum? Jangan sampai kita rugi, karena semasa singledan belum menikah, kita melewatkan kesempatan untuk membuat bahagia orangtua. Tanya aja "Mah, pah. Lagi butuh apa? Nanti abis gajian biar aku beliin. Atau nanti kalau ada rezeki biar aku beliin." Mendapat pertanyaan kayak gitu aja, orangtua kita sudah bahagia kok. Ya emang berbakti pada kedua orangtua tuh tak hanya saat kita belum menikah saja, tapi setelah kita menikah pun kita wajib berbakti.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Pasangan yang Jarang Umbar Kemesraan di Sosmed Lebih Happy

Cuma kan lebih maksimalnya saat kita belum menikah, belum punya tanggungan untuk keluarga kecil nanti pasca menikah. Saya pernah mendengar suatu kata-kata dari seminar pra nikah yang intinya begini "minta doa sama orangtua, minta restu sama orangtua, minta maaf sama orangtua bagi kalian-kalian yang single belum menikah. Karena doa orangtua itu sangat cepat dikabulkan-Nya. Pokoknya sebelum menikah ini adalah saat yang paling maksimal untuk bahagiain orangtua, saat yang paling maksimal untuk berprestasi dan berkarya."

Semoga kelima point di atas tadi bisa membantu meretas kegalauan ketika melihat teman satu persatu menikah. Setiap orang punya waktunya masing-masing, pun jodoh kamu sudah ada yang ngatur. Terus berbenah diri dan memperbanyak ilmu sampai kamu diberikan jodohnya yah.