Daftar Kuliner Khas Sumatera Wajib Dicoba Kalau ke Sana, Bikin Ketagihan!

Sumatera adalah pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia, dengan luas 473.481 km². Penduduk pulau ini sekitar 57.940.351 (sensus 2018). Pulau ini dikenal pula dengan nama lain yaitu Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa (bahasa Sanskerta, berarti "pulau emas"). Kemudian pada Prasasti Padang Roco tahun 1286 dipahatkan swarnnabhūmi (bahasa Sanskerta, berarti "tanah emas") dan bhūmi mālayu ("Tanah Melayu") untuk menyebut pulau ini. Selanjutnya dalam naskah Negarakertagama dari abad ke-14 juga kembali menyebut "Bumi Malayu" (Melayu) untuk pulau ini.

Nah sebagai Bangsa Indonesia, kita boleh banget berbangga sebagai orang Indonesia. Pasalnya sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ragam budaya yang begitu kaya. Salah satunya adalah kulinernya yang begitu lezat dan beragam dari Sabang sampai Merauke. Nah, kali ini akan ngebahas kuliner-kuliner khas Sumatera yang bikin lidah kamu bergoyang. Kira-kira kamu udah pernah nyobain yang mana aja nih? Yuk, disimak ya!

 

1. Pempek Palembang

Source: www.faktualnews.co
Makanan berbahan dasar ikan tenggiri ini disajikan dengan kuah cuka asam agar cita rasanya lebih keluar dan tambah nikmat.

Makanan khas Palembang yang satu ini memang dikenal dengan kelezatannya. Pempek sendiri memiliki bahan dasar ikan tenggiri yang dibuat menjadi adonan kemudian direbus baru digoreng. Biasanya pempek disajikan dengan kuah cuka yang asam namun dapat mengeluarkan cita rasa pempek jadi semakin lezat. Salah satu pembuat pempek yang paling terkenal di Palembang adalah Pempek Vico. Nah, kalau kamu sendiri tim pempek lenjer atau kapal selam nih, Guys?

 

2. Tekwan

Source: www.jurnalpagi.com
Gak banyak yang tahu kalau nama tekwan merupakan kependekan dari bahasa Palembang yaitu berkotek samo kawan, yang artinya duduk mengobrol bersama teman. 

Masih dari Palembang, tekwan adalah makanan lezat sejenis sup dengan cita rasa kuah yang segar. Di dalamnya, kamu dapat menemukan campuran daging ikan dengan tapioka yang sudah dibentuk bola-bola kecil, jamur, sohun, serta irisan bengkuang. Ssst… ternyata tekwan sendiri merupakan kependekkan dari “berkotek samo kawan,” bahasa Palembang yang memiliki arti duduk mengobrol bersama teman. Unik ya!

Baca Juga: Jangan Ngaku Pecinta Pedas Kalau Belum Cobain Sambal Ini !

 

3. Sate Kerang

Source: www.curvetube.com
Sate kerang disajikan dengan tiga varian bumbu, yakni original, pedas dan pedas manis.

Sate ayam atau sate kambing sih udah biasa. Gimana nih kalau sate kerang? Kamu udah pernah coba? Nah, keunikan kuliner yang satu ini bisa kamu temukan di Medan, Guys! Salah satunya yang paling terkenal adalah Sate Kerang Rahmat. Dalam satu tusuknya, kamu bisa mendapatkan tiga hingga empat buah daging kerang bulu berkualitas tinggi. Yap, Pak Rahmat memastikan kerang bulu yang disajikan bebas pasir yang bisa mengganggumu saat makan. Sate kerang ini dilumuri bumbu seperti rendang dan memiliki tiga varian bumbu, yakni original, pedas, dan pedas manis. Hmmm, dijamin kamu pasti ketagihan deh!

 

4. Pindang Meranjat

Source: www.cookpad.com
Makanan satu ini merupakan hasil olahan ikan patin, simba atau baung yang cara memasaknya direbus dengan rempah-rempah.

Pindang meranjat merupakan masakan pindang khas Lampung yang lezat banget. Pindang sendiri merupakan hasil olahan ikan yang proses memasaknya direbus dengan rempah-rempah hingga menghasilkan rasa kuah yang segar. Jenis ikan yang paling umum digunakan adalah ikan patin, ikan simba, atau ikan baung. Kuahnya yang segar dan rasanya yang gurih membuat pindang meranjat jadi salah satu kuliner yang gak boleh kamu lewatkan kalo ke Lampung.

Baca Juga: Jangan Lupa Beli 5 Oleh-oleh Enak Ini Kalau Mampir ke Sulawesi Selatan

 

5. Mie Aceh

Source: www.Brilio.net
Mie aceh gak seperti mie pada umumnya karena memiliki bentuk yang lebih tebal dengan bumbu yang kaya dengan rempah-rempah.

Rasanya belum pas kalau ngomongin kuliner khas Sumatera tapi gak memasukkan mie Aceh ke dalam daftar ini. Yap, dengan mie berukuran tebal dan memiliki rasa rempah yang kuat, mie Aceh adalah salah satu kuliner kebanggan masyarakat Aceh. Nah, kalo kamu berkesempatan berkunjung ke Aceh, ada satu kedai mie Aceh yang wajib kamu datangi. Namanya Mie Midi Peuniti yang berlokasi di daerah Gampong Peuniti, Banda Aceh.

Di sini, mie Aceh memiliki bermacam-macam topping yang bisa kamu pilih loh. Misalnya ada topping daging, udang, kepiting, hingga telur. Kalau kamu mengaku pecinta seafood, wajib banget sih nyobain topping kepitingnya. Disajikan dengan acar dan emping, dijamin rasa pedasnya gak akan bikin kamu lupa!

Baca Juga: Pecinta Bakmi Wajib Coba, 7 Rekomendasi Bakmi Enak dan Melegenda di Jakarta!

Itulah tadi lima makanan khas Sumatera yang wajib kamu cobain. Jangan lupa ya cicipin semuanya kalau kalian pergi ke sana.

Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Loading ...