Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

Cewek Jangan Sampai Salah, Rempah Dapur yang Susah Dibedain

Nurus Sobah Mar 25, 2019 8:00 AM
Ini loh rempah dapur yang sulit banget dibedain, jangan salah lagi ya!

Sebagai cewek, udah dianggap wajar bahwa kita harus bisa membedakan berbagai macam rempah dan bumbu dapur supaya bisa memasak. Dari sekian banyak bumbu dapur yang ada, beberapa diantaranya biasanya susah dibedakan. Alasannya macem-macem, bisa karena bentuknya yang hampir sama, rasanya, aromanya, sampai warnanya yang mirip.

Tenang, Dagelan udah meringkas beberapa bumbu dapur yang susah dibedakan dan gimana cara bedainnya.


1. Merica dan Ketumbar


Secara fisik keduanya cukup mirip karena warnanya dan bentuknya yang hampir sama

Source: resepkoki.id

Bumbu dapur yang paling susah dibedain adalah merica dan ketumbar. Secara fisik keduanya cukup mirip karena warnanya dan bentuknya yang hampir sama.


Merica dan ketumbar jelas beda ya. Aroma ketumbar lebih harum dan gak pedas seperti merica. Dari fisik, ketumbar punya pola garis-garis kalo dilihat dari dekat dan teksturnya lebih kasar. Warnanya pun agak cokelat, beda dengan merica. Tujuan penggunaannya untuk membuat masakan lebih harum. Secara fisik, merica lebih besar dibanding ketumbar. Isinya juga lebih padat dan rasanya cenderung lebih kuat. Untuk masakan, merica bisa memberi efek rasa pedas dan hangat. Kalo masih bingung bedainnya,coba pencet aja, Kalo gampang pecah dan gak keras, berarti itu ketumbar.

Baca Juga: Ajaib, Inilah Rempah yang Punya Kemampuan Membunuh Bakteri!


2. Jahe dan Lengkuas

Sekilas, jahe dan lengkuas terlihat mirip. Keduanya juga sama-sama berjenis umbi-umbian

Source: eastmeetskitchen.com

Secara fisik, lengkuas punya tekstur kulit yang lebih kasar dibanding jahe.

Sekilas, jahe dan lengkuas terlihat mirip. Keduanya juga sama-sama berjenis umbi-umbian. Jadi, bedanya apa? Dari rasanya, jahe agak pedas saat dikunyah dan punya efek menghangatkan. Secara fisik, jahe punya tekstur kulit serta serat daging yang terasa lebih lembut kalo dibandingkan dengan lengkuas. Warnanya juga terlihat kekuningan. Kulit jahe juga lebih gampang dikupas dengan tangan. Aromanya kuat dan punya aroma khas. Selain dijadikan bumbu dapur, jahe juga sering digunakan sebagai obat-obatan tradisional.

Secara fisik, lengkuas punya tekstur kulit yang lebih kasar serta serat daging yang lebih keras. Warnanya ada dua, yaitu putih dan merah. Aromanya gak sekuat jahe. Semakin tua usia lengkuas, rasanya bisa semakin pedas. Selain bumbu dapur, lengkuas juga bisa digunakan sebagai pengobatan tradisional.


3. Kunyit dan Kencur


Kunyit dan kencur juga cukup susah dibedain oleh sebagian orang. Tapi keduanya masih bisa dibedain dengan beberapa cara kok

Source: www.anaturalfarm.com

Kunyit dan kencur juga cukup susah dibedain oleh sebagian orang.


Kunyit dan kencur juga cukup susah dibedain oleh sebagian orang. Tapi keduanya masih bisa dibedain dengan beberapa cara kok. Yang pertama dilihat dari warnanya. Kalo warnanya kuning, berarti rempah tersebut adalah kunyit. Warna kuning khas kunyit ini sering digunakan sebagai pewarna alami. Kunyit termasuk rempah yang sering digunakan untuk pengobatan tradisional.

Baca Juga: Olahan Seafood dari Berbagai Negara, Bikin Kamu Pengen Icip-Icip

Sedangkan untuk kencur, warna dagingnya putih tapi daging kencur biasanya mudah dipotong karena cukup lunak. Secara fisik, kencur juga berbentuk lebih kecil dan bulat. Kulitnya juga mudah dikupas karena tipis. Aromanya juga khas.


4. Temulawak dan Kunyit


Selain dengan kencur, kunyit juga susah dibedain dengan temulawak. Terutama karena warnanya yang sama-sama kekuningan

Source: sogbia.info

Kunyit punya warna yang lebih pekat dibanding temulawak.


Selain dengan kencur, kunyit juga susah dibedain dengan temulawak. Terutama karena warnanya yang sama-sama kekuningan. Kulit keduanya pun sama-sama beralur hitam. Bedanya, kunyit punya warna yang lebih pekat kalo dibandingkan dengan temulawak. Selain itu, alur hitam pada kunyit gak sejelas temulawak. Rasa keduanya sama-sama pedas dan pahit di lidah, tapi kamu masih bisa merasakan sedikit manis pada kunyit.

Baca Juga: 7 Manfaat Jahe, Gak Cuma Menghangatkan Tubuh Kamu Loh


5. Adas Manis dan Jinten


Adas manis dan jinten punya bentuk, rasa, dan aroma yang hampir sama

Source: cairofood.id

Adas manis dan jintan sama-sama sering digunakan sebagai bumbu kari,


Adas manis dan jinten punya bentuk, rasa, dan aroma yang hampir sama. Bentuk keduanya mirip jarum kecil dengan panjang sekitar 4-7 mm disertai gari-garis pada permukaan. Perbedaannya bisa dilihat pada bentuk Adas manis yang biasanya lebih gendut sedikit dibandingkan Jintan. Adas manis dan jintan sama-sama sering digunakan sebagai bumbu kari, kebab, opor, gulai, dan lainnya sebagainya. Adas manis biasanya juga memiliki aroma yang lebih khas dan lebih tajam. Selain itu terkadang Adas manis digunakan juga sebagai campuran puding, kue manis, salad, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kreasi Minuman Jahe Khas Indonesia Yang Bisa Bikin Badan Anget, Cocok Banget Diminum Kalo Lagi Gak Ada Si Doi