Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

Cara Menghilangkan Jenuh di Tempat Kerja Tanpa Harus Resign

Novi Tri Handayani Dec 20, 2018 8:00 AM
cara mengatasi kejenuhan di tempat kerja tanpa harus resign.

Harus mengulangi rutinitas yang sama setiap hari selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun membuat pekerja mudah mengalami kejenuhan. Gak sedikit pekerja yang mengalami penurunan kinerja karena merasa jenuh di tempat kerjanya. Apakah kalian salah satunya?

Kejenuhan adalah hal wajar yang dirasakan pekerja. Ada gak sih teman kalian yang suka menyarankan kalian keluar dari pekerjaan kalian sekarang saat kalian merasa jenuh? Faktanya, keluar dari pekerjaan hanya karena merasa jenuh bukanlah hal yang sepenuhnya benar. Realistis aja, sebagai manusia dewasa kamu punya tanggung jawab pribadi dan mungkin juga tanggung jawab pada keluarga. Tentunya keluar dari pekerjaan bukanlah jalan keluar yang tepat. Terus, gimana sih cara mengatasi rasa jenuh di tempat kerja tanpa harus resign? Dagelan.co punya cara yang bisa kamu coba nih! Yuk, simak infonya!

 

1. Mendekorasi Meja Kerja

Source: www.paintnite.com
Mendekorasi meja kerja, dapat mengusir rasa jenuh di tempat kerja, karena pemandangan terdekat seorang pekerja adalah meja kerjanya sendiri.

Pemandangan terdekat pekerja kantoran adalah meja kerjanya sendiri. Percaya atau gak, penataan meja kerja yang monoton juga mudah mengundang kejenuhan. Mendekorasi kembali meja kerja kalian bisa memperbaiki suasana hati. Kalian juga bisa menambahkan dekorasi seperti foto keluarga atau foto pasangan untuk membangun semangat kerja. Sebagai pilihan, tambah tanaman dalam pot-pot kecil sebagai mood booster. Kalo kalian tipe orang yang cepat bosan, kalian bisa mengubah tampilan meja kerja secara berkala, bisa dua minggu sekali, atau sebulan sekali. Tergantung seberapa cepat bosannya kalian.

 

2. Chill Out

Source: www.sfmic.com
Pikiran negatif bisa menyebabkan rasa jenuh, luangkan waktumu sejenak untuk bersantai agar pikiran kembali segar.

Kejenuhan juga bisa terjadi karena pikiran negatif yang mempengaruhi pikiran kalian. Saat merasa bosan di tengah-tengah jam kerja, coba istirahat sebentar, regangkan badan, menarik nafas dalam-dalam, dan memesan segelas minuman dingin. Usaha sederhana tersebut bisa membantu kalian menyegarkan kembali pikiran. Coba deh, Guys!

Baca Juga: Dianggap Aneh, Pekerjaan Ini Justru Punya Gaji Selangit! Kalian Minat?

 

3. Ngobrol dengan Teman Kerja

Source: www.glassdoor.com
Mood kalian di tempat kerja sangat dipengaruhi oleh lingkungan, cobalah untuk membuka diri dan berinteraksi dengan orang-orang di tempat kerja kalian.

Lingkungan kerja sangat mempengaruhi mood kalian Cobalah untuk memanfaatkan waktu di tempat kerja untuk membangun persahabatan dengan rekan kerja. Gak cuma sebatas teman satu divisi, kalian juga bisa berkenalan dengan teman-teman dari divisi lain, atau bisa juga mulailah mengenal bawahan, OB, dan petugas kebersihan yang selama ini secara gak langsung mereka tuh sangat ngebantu pekerjaan kalian. Dengan membangun pertemanan yang luas, pikiran kalian akan lebih terbuka dan segar.

 

4. Ambil Jatah Cuti Untuk Berlibur

Source: www.purefitness.net.au
Mengambil jatah cuti untuk pergi berlibur akan membantu pikiranmu beristirahat sejenak dari penatnya pekerjaan, sehingga setelahnya pikiran bisa lebih segar.

Kalo cara-cara di atas masih kurang dalam mengurangi kejenuhan, kalian bisa memanfaatkan jatah cuti untuk berlibur. Kalo kalian tipe yang introvert, kalian bisa menghabiskan liburan di rumah, menonton film yang belum sempat kalian tonton, menikmati sarapan tanpa terburu-buru, atau menyendiri di perpustakaan, dan bisa juga membaca buku yang belum selesai kalian baca. Kalo kalian tipe ekstrovert, kalian bisa berlibur bersama teman-teman, mengunjungi kolega, pergi ke tempat ramai, ke pantai, ke pemandian air panas, atau bisa juga sekedar berkumpul dengan orang-orang terdekat di rumah.

Buat kalian yang udah berkeluarga, jadikan waktu libur kalian untuk menebus kesibukan kalian selama ini. Ajak pasangan dan anak-anak kalian menikmati alam, atau sekedar nikmati waktu di rumah bersama dengan bercengkerama. Selain bisa mengusir rasa jenuh, kalian juga bisa mendekatkan kembali diri kaian dengan keluarga dan memberi penghargaan kepada pasangan serta anak-anak kalian karena selama ini udah sabar mengerti pekerjaan kalian.

Baca Juga: Mau Ilangin Ngantuk Tapi Gak Suka Kopi? Makan Ini Aja!

 

5.  Bersyukur

Source: www.money.usnews.com
Meski terdengar klasik, bersyukur adalah cara ampuh untuk membuat rasa jenuh akan pekerjaanmu berkurang.

Cara yang terakhir ini mungkin kedengerannya klasik. Tapi, bersyukur adalah kunci dari segala permasalahan hidup loh, Guys. Cobalah lebih peka pada orang yang nasibnya gak seberuntung kalian. Banyak orang yang mati-matian kerja tapi gak juga mendapatkannya, atau ada orang yang pekerjaannya jauh lebih sulit dari kalian dan gajinya gak sebanyak kalian. Lebih baik pusing karena pekerjaan, daripada pusing karena gak punya kerjaan bukan? Jadi, jangan lupa untuk selalu bersyukur!

Baca Juga: 5 Masalah Rambut yang Mengintaimu Kalau Gampang Stres!