Kalau lagi mumet dan pusing dengan rutinitas yang ada, paling enak refreshing pikiran dengan jalan-jalan ya gengs. Apalagi kalau wisata ke tempat-tempat alam yang penuh dengan pemandangan hijau. Kapan lagi kan nikmatin pemandangan yang hampir jarang ada di kota?

Nah, apalagi ditambah dengan main air segar langsung dari alam? Tahu dong mau jalan-jalan kemana kita? Iyak, air terjun! Selain pantai atau gunung, wisata air terjun juga bisa jadi pilihan menarik untuk refreshing. Apalagi ke tempat air terjun yang punya pemandangan super indah kayak gini. Nih, tengok, 8 obyek wisata air terjun paling cantik di indonesia. Kuy!

1. Air Terjun Mursala, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara

wisata air terjun

Sumber: klikhotel.com

Air terjun dengan pemandangan super indah yang pertama ialah air terjun Mursala. Air terjun ini ada di Pulau Mursala yang lokasinya ada di antara pulau Sumatera dengan pulau Nias gengs.

Air terjun ini mengalir dari ketinggian 35 meter dan terjun langsung ke Samudera Hindia, dan di bawah permukaan air ini tersedia pemandangan bawah laut yang cantik, diantaranya ragam terumbu karang dan ikan hias. Ntaps banget!

2. Air Terjun Benang Kelambu, NTB

wisata air terjun

Sumber: klikhotel.com

Air terjun cantik berikutnya ada di kaki Gunung Rinjani gengs, yaitu air terjun Benang Kelambu. Kenapa dinamain Benang Kelambu? Soalnya, air keluar dan jatuh melalui sela-sela pohon gambung dan air yang keluar pun tipis dan lembut, macem mirip kelambu gitu deh.

Dan katanya sih, kalau ada yang mandi di air terjun ini bisa awet muda. Kalau yang dateng kakek-kakek bisa kembali muda nggak yaa.

3. Air Terjun Sendang Gile, Lombok

wisata air terjun

Sumber: klikhotel.com

Air terjun ini ada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani gengs. Kalau mau melepas penat dan bermain di air terjun setinggi 31 meter ini, kengkawan harus menaiki dua ratus anak tangga, melewati jembatan berlubang, dan melalui lembah.

Mau alternatif jalan lain? Boleh, yakni lewat pinggiran lembah dengan kondisi agak curam dan melalui jembatan rotan. Tapi setelah sampai di air terjun, susah payahnya kebayar kok gengs! 

4. Air Terjun Moramo, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara

wisata air terjun

Sumber: mbribik.com

Sedikit berbeda dengan wisata air terjun sebelumnya, air terjun Moramo setinggi 100 meter ini memiliki tujuh undakan besar dan sisanya merupakan puluhan undakan kecil gengs.

Jadi kelihatan tambah cantik gitu deh. Apalagi masyarakat setempat percaya kalau air terjun ini adalah tempat mandinya para bidadari. Sok di cek gengs, kali aja bisa nyuri selendangnya.

5. Air Terjun Dua Warna, Deliserdang, Sumatera Utara

wisata air terjun

Sumber: mbribik.com

Keindahan air terjun berikutnya ada di Sumatera Utara, yaitu air terjun Dua Warna. Para pengunjung akan disuguhi fenomena cantik air terjun yang memiliki dua warna, yaitu bening dan biru. Tapi untuk sampai di air terjun ini, kengkawan harus lewat track yang sulit. Tapi sebanding lah yaa dengan pemandangannya yang cantik.

6. Air Terjun Payakumbuh, Lembah Harau, Sumatera Barat

wisata air terjun

Sumber: mbribik.com

Air terjun Payakumbuh ini ada di Sumatera Barat dan berlokasi sekitar 35 kilometer dari Bukittinggi. Yang bikin wisata air terjun ini indah karena berada di sela-sela perbukitan dan mengalir melalui tebing. Nggak cuma itu, disekitaran air terjun ini seringkali dipenuhi kupu-kupu kayak di film-film gitu gengs. Kuylah ke sini!

7. Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

wisata air terjun

Sumber: klikhotel.com

Air terjun Sri Gethuk ini ada di wilayah Gunungkidul dan dekat lokasi wisata Gua Rancang Kencono gengs. Air terjun setinggi 80 meter ini mengalir secara bercabang pada dua celah tebing dan muncul dari sela-sela tebing karst. Duh, mandi di sini kayaknya seger banget ya gengs.

8. Air Terjun Sipiso-Piso, Sumatera Utara

wisata air terjun

Sumber: klikhotel.com

Air terjun dengan pemandangan indah berikutnya ada di Sumatera Utara, air terjun Sipiso-piso. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun tertinggi di indonesia loh gengs, yakni mencapai 120 meter.

Untuk sampai ke air terjun ini, kengkawan harus menelusuri anak-anak tangga di punggung bukit selama kurang lebih satu jam. Dijamin capeknya jalan bakal kebayar gengs!

Nah itu dia gengs wisata air terjun paling indah dan menawan di Indonesia yang bisa kengkawan kunjungin buat refreshing dan melepas penat. Dijamin mumetnya ilang! Gimana? Gimana? Air terjun mana yang paling pengen kengkawan kunjungin? Cus di share di kolom komentar.