Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

Buat yang Doyan Tidur, Yuk Kita Simak 10 Fakta Menarik Tentang Mimpi Berikut Ini

Sherin Alisya Naziefa Sep 27, 2017 6:15 AM
Setiap orang pasti pernah bermimpi, katanya mimpi adalah awal dari sebuah kesuksesan.

Setiap orang pasti pernah bermimpi, katanya mimpi adalah awal dari sebuah kesuksesan. Ada tiga versi mimpi, mimpi indah, mimpi buruk, dan mimpi basah eee hehe. Tapi, mimpi gak cuma jadi bunga tidur, justru mimpi ada beberapa fakta menarik yang kudu kamu tau nih, ini ane jelasin fakta dari mimpi.

1. Mimpi bisa jadi firasat

Sumber: gemintang

Berasa lagu Marcel ya, firasat hehe. Yap, ternyata ada beberapa kasus dimana manusia mengalami kejadian yang sama dari mimpinya. Para ilmuwan mengatakan kalau hal itu adalah sebuah Takhayul, tapi ternyata masih banyak manusia yang percaya hal itu.

2. Tindihan itu normal

Sumber: nymag

Pernah denger orang tindihan pas tidur atau kamu pernah ngalamin? Yap, semua itu sebenernya normal gengs. Sleep Paralysis atau tindihan terjadi saat tidur, saraf motorik dinonaktifkan agar tubuh gak gerak-gerak saat mimpi. Tapi, kadang tubuh bakal tersadar walau saraf motorik udah dinonaktifkan, makanya otak jadi nimbulin halusinasi menakutkan. Sleep Paralysis ini umumnya berlangsung dalam beberapa detik aja.

3. Mimpi bisa di kontrol

Sumber: sussexbedcentre

Lah? Masa iya? Iya gengs, ternyata mimpi sebenernya bisa kita kontrol sendiri. Lucid Dream adalah kondisi dimana seseorang yang merasa sadar dengan mimpi yang terjadi padanya dan bisa mengontrol mimpi itu. Lucid dream bisa melakukan segala hal, tergantung imajinasimu. Bahkan, lucid dream ini bisa dilatih lho, mau coba?

4. Mimpi menginsprirasi penemuan di dunia

Sumber: standard

Mimpi bisa menginspirasi seseorang menjadi lebih berguna menjadi sebuah penemuan. Contohnya ide Google yang digagas oleh Larry page atau generator listrik AC oleh Nikola Tesla. 

5. REM (Rapid Eye Movement) Sleep Disorder

Sumber: jambur

Siapa yang suka ngigo? Pasti banyak yang ngerasain hal itu. Kalau udah ngigo kita kadang juga gak sadar. Hal ini terjadi karena saraf motorik belom bener-bener dinonaktifkan, makanya saat tidur kamu bisa ngigo, memukul, bahkan bisa nendang dinding kamar.

6. Kita cuma bisa mimpiin orang yang kita liat sebelumnya

Sumber: MyMBuzz

Kalau kamu bermimpi, kamu gak bisa menggambarkan wajah orang yang belom pernah kamu liat di kehidupan nyata. Walau pernah mimpiin seseorang yang asing, sebenernya kamu pernah bertemu atau melihat orang itu.

7. Ternyata gak semua mimpi berwarna

Sumber: flickr

Kamu mengalami mimpi gak berwarna alias hitam putih, itu masih wajar gengs karena cuma sekitar 12% orang yang mimpinya warna hitam putih. Para generasi yang tumbuh saat TV monokrom biasanya lebih sering dapat mimpi berwarna hitam putih. 

8. Sleepwalking

Sumber: achealthnews

Gangguan tidur yang satu ini adalah yang paling bahaya, yaitu selama tidur malah bertingkah, misalnya tidur sambil jalan. Hal ini pernah dialami sama Lee Hadwin seorang perawat yang berubah jadi pelukis di alam mimpinya, pas tidur dia malah melukis karya-karyanya.

9. Ada obat buat mimpi

Sumber: lifestyle

Wah, yang bener aja, masa ada obatnya. Obat biar kamu bisa ngalamin mimpi beneran ada gengs, nama obatnya dimethyltryptamine. Obat ini merupakan obat halusinogen yang ilegal, jangan dikonsumsi ya gengs tanpa perintah dari dokter:D

10. Gak semua mimpi selalu di ingat

Sumber: vemale

Walaupun kamu ngerasa gak mimpiin apapun saat tidur, sebenernya itu salah. Kamu selalu mengalami mimpi, tapi gak semua mimpi bisa kamu ingat. Kalaupun kamu ingat, paling cuma 50% mimpinya aja.

Itu dia beberapa fakta tentang mimpi, wah ternyata banyak juga yang terjadi ya saat kita tidur. Kamu termasuk orang yang mimpinya gimana nih? Aku sih mimpiin kamu aja udah seneng kok hehe. Mana yang sering kamu alamin kalau lagi tidur gengs? Tulis di kolom komen ya:D