Buat Kamu Yang Sedang Marah: Hindari Hal Ini Agar Ga Menyesal Nantinya

Source: buzzfeed.com

Normal kalau kamu merasakan amarah dan meluapkanya karena ada hal yang ga bisa kamu tahan dan sudah kehabisan porsi sabar. Di tambah emosi setiap manusia berbeda-beda, ada yang benar-benar ga bisa menahannya, meledak-ledak bahkan sampai marah dalam diam. Daripada kamu menyesal dikemudian hari, berikut beberapa hal yang harus dihindari saat marah dari Dagelan untuk kamu

1. Membalasnya dengan perkataan kasar

Source: sugarlipsdailyquips.blogspot.com

Mungkin ada seseorang yang menyakiti perasaan kamu dan membuat hati jadi ga terima dibegitukan, lantas kamu marah-marah sambal membalas balik perkataannya dengan kasar. Kata-kata ini selain akan menyakiti perasaan orang lain, kamu juga akan dicap sebagai orang yang sama seperti orang tersebut. Apa bedanya kamu dengan dia? Sama-sama si tukang menyakiti orang lain. Bicaralah padanya dengan bahasa yang baik atau perlu hindari orang tersebut sambil menenangkan diri.

2. Marah kepada orang lain yang ga ada hubungannya

Source: youtube.com

Yang nyakitin siapa, yang kena semprot siapa. Jangan menambah masalah baru dengan melibatkan orang lain yang ga ada hubungannya sama amarah kamu. Walaupun orang yang menyakiti kamu bikin mood jadi jelek, kamu ga pantas melampiaskannya pada orang sekitar bahkan orang yang kamu sayangi. Kamu yang tahu bagaimana mengembalikan mood kamu sendiri, pasti punya moodbooster sendiri dong.

3. Melampiaskan pada benda

Source: hellosehat.com

Lagi-lagi jangan salah sasaran deh, jangan menyakiti dan merusak hal lain yang ga ada hubungannya dengan amarah kamu. Apalagi yang kamu rusakan atau banting milik benda orang lain :D bisa-bisa kamu dimarahin balik. Bisa jadi benda kesayangan kamu sendiri, kalau amarah sudah reda bakal menyesal deh karena udah merusaknya.

4. Lari ke hal-hal yang menyakiti diri sendiri

Source: zeelopka.blogspot.com

Asal kamu tahu, hal ini bukan akan meredakan amarah kamu. Yang ada, orang yang menyakiti kamu akan lebih puas dan senang karena kamu lebih menderita. Hal-hal seperti melukai dan menyakiti diri sendiri kayak mabuk-mabukan, pakai narkoba bahkan sampai bunuh diri ga akan menyelesaikan dan meredakan amarah, kamu akan semakin stres dan tertekan. Kamu harus tenangkan diri sendiri dengan hal-hal positif. Seperti balas dendam dengan berkarya dan membuat prestasi.

5. Enggan minta maaf

Source: youtube.com

Siapapun yang salah, bahkan saat kamu merasa bahwa kamu bukan orang yang harus meminta maaf sekalipun. Kamu akan setingkat lebih dewasa dibanding dia yang meninggikan ego dan menciptakan masalah itu sendiri loh. Hati kamu akan lebih besar dan lapang karena kamu ga ingin amarah dan beban memikul pundak kamu seharian. Daripada mengharapkan orang lain yang hatinya kayak batu, mending kamu bilang maaf duluan dan semua urusan terselesaikan. Kadang ada juga seseorang yang memiliki hati yang super sensitif yang mana dia ga bisa membedakan kesalahan dirinya dan orang lain. Yang waras ngalah aja ya :D atau kamu yang posisi yang menciptakan amarah, ada loh yang playing victim dan membuat segala sesuatu menjadi terbalik, lalu dia yang tadinya pelaku menjadi korban. Kamu harus segera minta maaf daripada menguras emosi dan membesarkan ego yang hanya akan menyusahkan kamu aja. Siapa sih yang ga mau punya hidup damai dan tenang?

6. Berhenti berdebat

Source: fiqhmenjawab.blogspot.com

Sudah tahu sedang marah, malah meladeni omongan dan makian orang lain. Debat hanya membuat kamu lelah dan semakin marah loh. Apalagi yang kamu hadapi adalah orang yang keras kepala dan ga mau ngalah. Udah deh, mending kamu diam, pergi ke suatu tempat, sibukan dengan hal lain dan tenangkan diri.

 

7. Mengambil keputusan gegabah

Source: bintang.com

Hal ini yang paling membahayakan! Jangan pernah memutuskan sesuatu saat sedang marah. Saat itu apa yang kamu yakini itu hanya sangkalan-sangkalan dan rasa kesal yang ga terbendung serta perkataan yang belum tersaring dengan baik oleh otak. Semua keputusan yang dilakukan saat marah, pasti berakhir dengan penyesalan. Seperti bilang cerai, putus, menyesal telah mengenal doi bahkan mengingat semua keburukan orang tersebut dan mengutarakannya. Hindari dulu deh orang tersebut, tenangin diri dan baru kamu temui dia dengan pikiran yang jernih.

8. Marah-marah di media sosial

Source: inovasee.com

Kamu akan dicap norak dan ga jelas sama teman-teman kamu loh. Selain jadi bahan julid oleh orang lain, secara ga langsung kamu menjatuhkan diri kamu sendiri dihadapan orang banyaj. Jangan mengharapkan simpati saat kamu mengamuk di medsos, ditambah dengan perkataan kasar dan terlalu menjelek-jelekan orang lain. Please jangan bikin malu diri sendiri deh, hindari main medsos dan tenangkan diri. Lebih bagus kalau kamu langsung menyelesaikan masalah kamu saat itu juga.

9. Bertingkah di muka umum

Source: jabar.tribunnews.com

Niat apapun saat kamu marah di depan umum sebenarnya ga baik buat kamu sendiri loh. Sama halnya dengan di media sosial, kamu akan dinilai negatif dan membuat diri kamu sendiri malu. Apalagi amarah kamu sambil menganiaya atau melakukan perusakan properti publik, duh ga banget. Kamu akan direkam oleh seseorang dan menjadi viral di internet karena tingkah ekstrim kamu itu, otw terkenal dan malu deh :D

10. Melakukan hal yang berlebihan

Source: babble.com

Setiap orang punya moodboosternya sendiri. Lakukan apa saja yang membuat kamu tenang dan ga marah-marah lagi. Tapi jangan sampai berlebihan juga, jangan hanya karena kamu sedang marah kamu melakukan sesuatu secara berlebihan dan akan merugikan kamu nantinya. Seperti makan tanpa henti bahkan ga mau makan, nangis terus menerus, emosi meledak-ledak dan sebagainya

Marah itu manusiawi. Ada hal yang memang ga bisa kamu tahan dan meluapkan dengan amarah. Tapi jangan jadi alasan untuk kamu melakukan seenaknya dan menyakiti orang lain, bahkan sampai merugikan diri sendiri. Saat amarah itu hilang, kamu akan menyadari bahwa yang kamu lakukan adalah hal yang sia-sia. (Walaupun sebenarnya saat marah kamu ga bisa berpikir jernih dan susah untuk melakukan hal positif), sebaiknya kamu berusaha untuk mencoba hal ini yaa :D

Bagaimana pedapat kamu gaes?

 

Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Loading ...