Kalau bicara soal gak aka nada habis-habisnya, selalu aja bikin kita jadi merinding. Apalagi hantu di Indonesia yang wujudnya terkenal sangat menyeramkan. Jangankan melihatnya secara langsung, mendengarnya saja udah bikin bulu kuduk berdiri.

Kalian tau gak sih kenapa hantu di Indonesia punya nama yang berbeda-beda dan kira-kira darimana sih asal usulnya? Supaya kalian gak penasaran, yuk Guys intip sejarahnya kenapa hantu di Indonesia punya nama yang menakutkan. Siap-siap ya, jangan baca artikel ini sendirian, kalau perlu share juga ke teman-teman kalian!

 

1. Kuntilanak

Source: www.beritakuningan.com
Kuntilanak dipercaya sebagai perwujudan arwah penasaran dari seorang wanita yang meninggal karena melahirkan.

Kuntilanak adalah sosok hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak yang dikandungnya tersebut belum sempat lahir. Nama “Kuntilanak” atau “Pontianak” kemungkinan berasal dari gabungan kata ‘bunting’ (hamil) dan ‘anak’. Kota Pontianak mendapatkan namanya konon karena Abdurrahman Alkadrie, pendiri kesultanan Pontianak, diganggu hantu ini ketika akan menentukan tempat pendirian istana.

Dalam adat istiadat tradisional melayu, sosok kuntilanak digambarkan dalam bentuk wanita cantik yang punggungnya berlubang. Kuntilanak digambarkan senang meneror penduduk kampung untuk menuntut balas atas kematiannya. Biasanya, sosok kuntilanak sewaktu muncul selalu diiringi harum bunga kamboja.

 

2. Suster Ngesot

Source: www.beritakuningan.com
Suster Ngesot adalah salah satu hantu urban legend yang dipercaya berasal dari arwah suster yang mati penasaran.

Hantu Suster Ngesot dipercayai muncul pertama kali di RSU Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Karena ditempat inilah terakhir kali suster tersebut diyakini dalam keadaan hidup kemudian meninggal secara gak wajar. Suster Ngesot juga menjadi urban legend di Indonesia, alkisah, diceritakan seorang suster cantik yang melakukan rutinitas jaga seperti biasa di malam hari, kemudian bernasib naas karena diperkosa secara brutal oleh dokter jaga dan meninggal dunia.

Sementara mitos lainnya muncul dari Jawa Barat, di sebuah panti jompo bekerja seorang perawat cantik bernama Norah yang memiliki darah keturunan Belanda dan disinyalir memiliki ilmu hitam. Kemampuannya yang luar biasa digunakan untuk membantai para penghuni panti jompo secara satu persatu karena alasan dendam masa lalu. Kejahatannya akahirnya diketahui dan sebagai hukumannya, kaki perawat Norah dipukul hingga remuk dan hancur. Setelah itu, jadilah ia hantu Suster Ngesot seperti yang kita kenal selama ini.

Baca Juga: Pengaruh Menonton Film Horor Pada Kesehatan dan Psikologi yang Jarang Disadari

 

3. Hantu Pocong

Source: www.tanahnusantara.com
Hantu Pocong dipercaya berasal dari orang yang meninggal, namun tali pocongnya lupa untuk dibuka.
 

Hantu pocong memang sangat populer di masyarakat Indonesia. Bahkan hantu ini bisa dibilang hantu yang paling menyeramkan dan ditakuti banyak orang. Namun mayoritas masyarakat percaya kalau hantu pocong bergentayangan karena ketika orang yang meninggal, tali pocongnya lupa dibuka saat hendak dikubur. Pocong dipercaya suka bertandang di pohon pisang dan memiliki kemampuan loncat serta terbang untuk bergerak. Hiiiii ati-ati gaes kalo ketemu pohon pisang!

 

4. Hantu Genderuwo

Source: www.febriclazz.blogspot.com
Genderuwo dipercaya memiliki kemampuan menyerupai wujud manusia.

Genderuwo adalah makhluk halus yang berwujud manusia bertubuh besar, tinggi kekar dengan rambut lebat menutupi sekujur tubuhnya. Habitat huniannya adalah phon besar teduh seperti pohon beringin atau sudut-sudut yang lembab dan gelap. Makhluk ini dilaporkan dapat berkomunikasi dengan manusia dan juga bisa  menyukai manusia. Cerita misteri banyak menyebutkan kalau dirinya  bisa  mengikuti wujud fisik manusia. Menurut cerita, Genderuwo berjenis kelamin pria bahkan dapat menghamili seorang wanita sampai menghasilkan keturunan dari hubungan itu. Asal Genderuwo dikatakan berasal dari arwah orang meninggal yang belum mau naik ke akhirat.

Baca Juga: Baca Juga: Udah Kenal Wagini, Si Genderuwo Paling Ganteng?

 

5. Si Manis Jembatan Ancol

Source: www.terseram.com
Karena kerap muncul di sebuah jembatan yang berada di kawasan Ancol, sosok hantu wanita ini disebut Si Manis Jembatan Ancol

Pada 1995, seorang pelukis di Ancol didatangi seorang perempuan yang minta dilukis. Ketika sedang menggambar setengah bagian tubuhnya, perempuan itu secara misterius mendadak menghilang. Warga sekitar Ancol percaya kalau perempuan itu adalah perwujudan dari hantu yang biasa disebut Si Manis Jembatan Ancol.

Baca Juga: Bikin Merinding! 5 Kasus Kesurupan Ini Terjadi di Tempat Wisata

Di tahun 60-an, ketika daerah Ancol masih berupa rawa-rawa, seorang pendayung perahu pernah bertemu dengan Si Manis Jembatan Ancol. Perempuan itu naik perahu malam-malam dan membayar pendayung menggunakan uang yang kemudian berubah menjadi daun ketika sosok hantu ini menghilang. Kasian ya pendayung perahunya, gak jadi dapet uang deh.. apes.. apes…