Source: https://www.liputan6.com/showbiz/read/2852251/lepas-lajang-dengan-lee-min-ho-suzy-ungkap-pernikahan-impian

Sama seperti Indonesia, Korea Selatan punya banyak budaya. Dari yang modern dan banyak dikenal seperti Kpop, sampai tradisional yang gak semua orang tahu. Kalo kalian berkunjung ke Korea dan pengen menyaksikan budaya local tradisional disana, ini dia beberapa festival yang bisa lo nikmati selama di Korea.

1. Chuseok

Source: https://www.freepik.com/free-vector/chuseok-festival-background_2582055.htm

Chuseok dikenal sebagai hari thanksgivingnya korea. Chuseok adalah salah satu festival panen terbesar di Korea. Biasanya Chuseok diselenggarakan pada musim gugur selama 3 hari berturut-turut. Tahun ini, Chuseok jatuh pada tanggal 24 September dan akan dirayakan mulai dari tanggal 23 September sampai 26 September.

Source: https://www.soompi.com/article/1221955wpp/guide-to-major-cultural-events-korea

Selain mengadakan pesta panen, momen ini juga biasanya dimanfaatkan untuk berkumpulnya sanak saudara. Pada masa-masa ini, orang-orang korea yang merantau bakal mudik. Pada perayaan Chuseok, semua orang mengenakan hanbok (pakaian tradisional Korea), melakukan upacara pemakaman untuk para leluhur, dan makan-makanan besar dengan keluarga. Makanan khas yang wajib ada saat Chuseok adalah Songpyeon (kue beras korea), jeon (pancake korea), dan buah pir Korea.

Selain tradisi di atas, pada perayaan Chuseok masyarakat Korea juga menikmati hiburan tradisional Korea seperti talchum (tari topeng Korea), ganggangsullae (tarian lingkaran), dan ssireum (gulat korea). Festival ini cocok banget buat lo yang pengen menyaksikan kekayaan budaya Korea.

2. Seollal

Source: https://www.koreanculture.org/korean-holidays/

Seollal adalah salah satu hari libur nasional Korea yang dilaksanakan untuk merayakan tahun baru Korea. Seollal dirayakan pada hari pertama kalender bulan (lunar calendar).

Selama perayaan Seollal, masyarakat Korea memberi penghormatan kepada para leluhur dan menghabiskan waktu bersama keluarga serta menggunakan seolbim (Hanbok khusus). Seolbim punya sedikit perbedaan dengan hanbok biasanya. Seolbim memiliki varian warna yang lebih cerah sebagai simbol keberuntungan.

Selain seolbim, makanan yang mereka nikmati juga punya makna tersendiri, yaitu tteokguk, sup tradisional yang dibuat dengan irisan kue beras sebagai pertanda bertambahnya 1 tahun umur mereka. Permainan yang biasa dimainkan dalam festival ini adalah permainan papan korea, seperti yutnori dan jegichagi.

3. Andong Mask Festival

Source: https://gypsyshutterbug.com/2014/09/19/andong-mask-dance-festival/

Wilayah Andong terkenal dengan topeng tradisionalnya. Festival besar ini merayakan tradisi pembuatan topeng. Ratusan topeng yang berbeda dari seluruh penjuru dunia dapat ditemukan dalam festival. Pengunjung gak cuma belajar tentang pentingnya topeng-topeng ini tapi juga bisa menyaksikan sejumlah penampilan dari berbagai penjuru dunia. Kegiatan lainnya termasuk membuat topeng, belajar tari topeng, dan masih banyak lagi. Festival ini diadakan di kota Andong yang indah dengan pemandangan menarik dari desa Hahoe yang mempesona di dekatnya makin menambah daya tariknya.

Source: http://travelwithjoshcohen.com/south-korea-festivals-you-would-not-want-to-miss/

Lo juga bisa mengikuti kompetisi topeng paling menarik lho.

4. Seoul Lantern Festival

Source:                               http://alexfahey.blogspot.com/2014/12/seoul-lantern-festival-2014.html

Hampir semua orang pernah melihat lampion. Tapi, lentera di festival ini beda ya. Lampion di Seoul Lantern Festival dibuat dengan berbagai ukuran dan bentuk sesuai tema. Temanya tiap tahun berubah lho.

Dan yang lebih menarik, lampion-lampion akan di arak sejauh 1,3 km sepanjang sungai Cheonggyecheon. Tiba-tiba keinget drama ‘Scarlet Heart: Ryeo’ gak sih? Adegan pas si Hae Soo kabur buat liat festival lampion di kota. Udah nonton belum?

5. Hwacheon Sancheoneo Ice Festival

Source: https://www.soompi.com/article/1221955wpp/guide-to-major-cultural-events-korea

Kalo suka yang dingin-dingin dan pengen ngrasain musim dingin di Korea, lo harus coba dating ke festival es Hwacheon Sancheoneo di Gangwon. Sejak pertama diadakan pada tahun 2003, festival ini banyak menarik perhatian wisatawan lokal dan interlokal. Kegiatan yang ada di festival ini antara lain bobsledding (seluncuran es), memancing ikan di bawah lapisan es, dan pertunjukan patung es yang dipahat dalam berbagai bentuk.  Festival ini bakal dirayakan pada tanggal 5 sampai 27 januari tahun depan. Ayok nabung!!

6. Jeju Fire Festival

Source: https://www.soompi.com/article/1221955wpp/guide-to-major-cultural-events-korea

Yang suka nonton drama korea pasti tahu pulau Jeju nih. Jeju Fire Festival dilaksanakan dengan membakar padang rumput. Festival ini banyak mendatangkan turis dari luar negeri karena keindahannya yang berapi-api. Selain menyaksikan pertunjukan api, pengunjung juga ikut serta dalam festival dengan menerbangkan laying-layang dan hiking. Dan sesuai dengan temanya, makanan yang disediakan dalam festival ini berupa sate babi tusuk yang merupakan makanan khas regional Jeju.

7. Jindo Miracle Sea Road

Source: https://www.soompi.com/article/1221955wpp/guide-to-major-cultural-events-korea

Sekali dalam setahun, laut di sekitar pulau Jindo sangat surut sehingga muncul jalur yang bisa dilewati untuk ke pulau kecil di sekitar Jindo. Dengan mengikuti festival, lo bisa berjalan santai sambil menikmati pertunjukan lagu tradisional Jindo Arirang, puisi, dan masih banyak lagi. Dan kalo umur lo di atas 19 tahun, lo bisa menikmatinya sambil meneguk minuman beralkohol khas Jindo: Jindo Hongju.

8. Boryeong Mud Festival

Source: https://www.soompi.com/article/1221955wpp/guide-to-major-cultural-events-korea

Wisatawan internasional suka banget sama festival yang satu ini. Festival lumpur Boryeong! Dalam festival ini, lo bisa mandi lumpur, gulat lumpur, perang lumpur, dan kegiatan menyenangkan lainnya. Eits, tapi lumpur yang dipake bukan lumpur biasa yang sekadar kotor lho. Lumpur yang dipake adalah lumpur Boryeong yang kaya dengan mineral dan dipercaya bagus buat kulit lo. kapan lagi bisa main kotor-kotoran yang bikin kulit lo sehat?