Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

Benarkah MSG (Micin) Dapat Menyedapkan Rasa Masakan?

Fajar Setiyoko Jul 19, 2019 4:18 AM
MSG ternyata aslinya nggak menyedapkan rasa masakan, terus yang bener bagaimana? Yuk.. cek di sini

MSG merupakan singkatan dari monosodium glutamat, dan orang mengenalnya dengan sebutan penyedap rasa, dan adalagi sebutan paling populernya yaitu "Micin". Tapi apa bahan ini emang bisa menyedapkan setiap masakan tanpa perduli dengan rasa masakan aslinya? Kalo emang begitu, yang nggak pinter masak tinggal tambahin MSG aja ke dalam masakannya, karena makanan yang nggak sedap akan jadi sedap. Apakah sesederhana itu?

Bukan tanpa alasan lho MSG digunakan dalam masakan, pasti ada pengaruh yang diberikannya pada masakan. Nah yang menjadi masalah adalah penggunaan istilahnya yang menyesatkan. Istilah penyedap rasa bukanlah berarti MSG dapat meningkatkan cita rasa masakan atau dengan kata lain membuat masakan kita menjadi lebih enak. 

Sesungguhnya MSG hanya berfungsi untuk mengintensifkan atau memperkuat rasa, dan MSG tentu saja nggak perduli apakah rasa masakan kita yang sebenarnya enak, biasa aja atau bahkan nggak enak sama sekali. Ya itu artinya masakan kita yang nggak enak bakalan semakin nggak enak. Jadi sori ya… yang nggak pinter masak lebih baik belajar lagi deh.

MSGSource: drtaylorwallace.com
Bentuk MSG atau penyedap rasa yang ada di pasaran

Sekarang yang jadi pertanyaan adalah bagaimana cara kerja MSG? Ada pakar yang mengatakan tentang efek sinergi, yaitu efek yang dihasilkan oleh 2 tindakan lebih baik dibandingkan bila tindakan yang sama dilakukan sendiri-sendiri. Bagi yang pernah nyicipin, MSG sendiri sebenarnya nggak ada rasanya (tapi kalo dicicipin agak banyak, rasanya malah nggak enak), tapi ketika dia dipadukan dengan sesuatu yang punya rasa, maka rasa yang sudah ada itu menjadi lebih kuat.

Namun sampai sekarang masih terus dilakukan penelitian bagaimana tepatnya penguat rasa mengaktifkan indera pengecap kita. Salah satu teori yang berkaitan dengan hal ini adalah bahwa penguat rasa membantu molekul-molekul rasa menempel ke tempat-tempat penerima rasa pada lidah lebih lama dan lebih kuat.

Saat ini banyak rumor yang berkembang bahwa bahan ini berbahaya. Rumor tersebut berkembang karena ada beberapa orang yang bereaksi buruk terhadap bahan ini. Ternyata setelah diselidiki, orang tersebut memang peka terhadap MSG. Jadi pada dasarnya bukan MSGnya yang berbahaya, kecuali jika kita mengkomsumsinya dalam jumlah yang berlebih, satu kilo misalnya. Tapi bukankah apapun yang berlebihan itu tidak baik? Sama tu kayak uang yang berlebihan bisa menimbulkan penyakit sombong.

Mie dengan MSGSource: healthline.com
MSG yang banyak sekali penggunaannya untuk masakan Mie

Sifat sebagai penguat rasa yang dimiliki oleh bahan dari tumbuh-tumbuhan ini sebenarnya telah dikenal sejak ribuan tahun silam. Misalnya orang Jepang yang secara tradisi selalu menggunakan rumput laut untuk memperlezat masakan sup mereka. Jadi nggak heran kalo sekarang Jepang merupakan produsen MSG murni terbesar di dunia, Walaupun di Jepang sendiri, rumput laut nggak pernah absen nongol disetiap masakan.

Sebenarnya yang namanya bahan penguat rasa bukan cuma MSG aja, banyak senyawa-senyawa lain yang juga dapat berfungsi sebagai penguat rasa. Kalau biasanya penguat rasa yang kita kenal berasal dari tumbuhan, ternyata ada juga lho penguat rasa yang diekstrak dari ragi.

 Penguat rasa berbasis ragi ini ada yang khusus dibuat untuk menguatkan rasa tertentu seperti rasa daging sapi, rasa daging ayam, hingga rasa keju dan asin. Bahan-bahan ini biasanya ditulis dengan istilah lain yaitu “yeast extract”, “yeast nutrient”, atau “natural flavor”, yah walaupun bahan-bahan ini sebenarnya bukan bahan penyedap.

Nah itu dia pembahasan kita tentang MSG, jadi nambah ilmu ya.. Sekian dulu dari kami semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita.