Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

Beberapa Alasan Kenapa Kita Harus Cinta Dengan NKRI, Hiduplah Indonesia Raya

Adimart Arminadi Jan 19, 2017 11:00 AM
Brosis yang budiman, <strong><a href="http://dagelan.co/fakta-menarik-seputar-negara-yang-pernah-menjadi-bagian-dari-indonesia-timor-leste/">negara</a></strong> kita tercinta Indonesia ini ternyata me
Brosis yang budiman, negara kita tercinta Indonesia ini ternyata memiliki catatan-catatan rekor dunia di mana nama Indonesia terpampang menjadi yang teratas. Itu menjadi bukti kalo Indonesia diakui dunia sebagai salah satu negara yang besar. Tinggal kitanya para penerus bangsa yang harus menjaga martabat bangsa ini agar tetap berjaya di dunia. Nah buat kamu, berikut rekor-rekor Indonesia raya di dunia.

1. Negara Kepulauan Terbesar

indonesia raya
Sumber : Indonesiatravelers.com


Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar dengan jumlah pulau sebanyak 17.504 pulau yang 3 diantaranya menjadi salah satu pulau terbesar di dunia (Kalimantan, Sumatra dan Papua). Maka dari itu Indonesia juga menjadi negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau 25% panjang pantai dunia.

2. Negara Paling Heterogen

indonesia raya
Sumber : 4foodfunadfriends.yuku.com


Jumlah suku/etnis di Indonesia terbanyak di dunia yaitu sekitar 740 suku/etnis yang di Papua sendiri ada 270 suku. Selain itu, Indonesia juga menjadi negara dengan bahasa daaerah terbanyak, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk. Bahasa Jawa menjadi bahasa daerah yang paling banyak digunakan.

3. Penghasil Rempah Dunia

indonesia raya
Sumber : Marsindonesia.com


Indonesia menjadi penghasil cengkeh dan pala nomor satu dunia. Selain itu kita juga dikenal sebagai penghasil kopi terbaik yang salah satunya menjadi kopi termahal, kopi luwak. Walaupun bukan menjadi yang terbesar, Indonesia juga menjadi gudang rempah dunia karena kita mampu menghasilkan hampir seluruh rempah yang ada.

4. Memiliki Hutan Bakau Terbesar

indonesia raya
Sumber : Libregraphic.asia


Kita juga memilki hutam bakau terbesar di dunia. Fungsi dari hutan bakau sendiri adalah sebagai pencegah pengikisan yang disebabkan oleh air laut (abrasi). Selain itu hutan bakau juga memiliki fungsi sebagai penghasil kayu berkualitas serta bahan-bahan mentah untuk keperluan industri. Hutan bakau Indonesia cukup menyebar di beberapa pulau seperti Sumatra, Jawa, Kalimantan dan terluas ada di pulau Papua.

5. Memiliki Kekayaan Alam yang Melimpah

indonesia raya
Sumber : Wawker.com


Ini yang patut kita jaga dan lestarikan. Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah seperti penghasil gas alam cair terbesar dunia, pengekspor kayu lapis terbesar dunia, produsen minyak sawit terbesar dunia, memiliki emas terbaik dunia yang berada di Papua dan masih banyak lagi. Gimana ngga ngiri yah negara-negara lain?

6. Memiliki Beragam Flora dan Fauna

indonesia raya
Sumber : Ayokeaceh.wordpress.com


Selain kekayaan alam, kita juga memiliki beragam flora dan fauna yang terlengkap di dunia. Dari faunanya saja Indonesia menjadi tempat tinggal hewan endemik seperti komodo, harimau, badak, gajah, orang utan dan masih banyak lagi. Dari flora, kita menjadi penghasil 6000 jenis anggrek dan merupakan yang terlengkap di dunia. Belum lagi menjadi tempat tinggal bunga terbesar di dunia, Rafflesia Arnoldi atau bunga bangkai. Pokoknya tanah kita itu sangat kaya deh guys.

7. Negara Dengan Penduduk Muslim Terbanyak

indonesia raya
Sumber : Klikhotel.com


Menjadi catatan tersendiri, negara kita juga menjadi negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, sekitar 216 juta jiwa atau 88% penduduk Indonesia menjadikan sebagai negara dengan masjid terbanyak di dunia dan juga kontingen haji terbesar. Selain itu Indonesia juga memiliki lembaga keuangan dan bank berbasis syariah terbanyak di dunia dan memiliki salah satu masjid berkubah emas (hanya ada 4 di dunia).

Setelah kamu tahu tentang fakta-fakta di atas, tentunya kita harus makin cinta doong dengan Indonesia. Ngga heran sih dari dulu negara kita ini menjadi rebutan kaum penjajah, soalnya tanah kita emang sangat kaya dan berlimpah. Sudah kewajiban kita sebagai generasi penerus untuk selalu menjaga dan melestarikan apa yang sudah kita punya. Hiduplah Indonesia Raya!