Halo kengkawan semua! Ada yang pernah berwisata ke Umbul Ponggok? Bagi yang udah kesana, pasti gak melewatkan foto-foto bawah air dong yaa? :D

Foto bawah air yang ngetrend di Umbul Ponggok, emang keren-keren parah gengs. Ada yang berpose kaya lagi nonton TV, lagi main PS, lagi sholat, lagi tidur dan masih banyak lagi deh.

Tapi kalian percaya gak gengs bahwa foto gaul ala umbul ponggok gitu sebenernya udah dilakuin sejak lama. Bukan 10 atau 20 tahun terakhir aja gengs, foto-foto kaya gitu ternyata udah ada sejak tahun 1938 alias 78 tahun yang lalu! Gileee tuwir amat yaa!

Dari pada kebanyakan bacot, mending langsung aja nih tengok gengs :D

foto bawah air


Gausah dikasih tau lagi yaa, yang gue bahas ceritanya cuma foto sebelah kanan aja Oke! Jadi, foto ini diambil oleh seorang fotografer asal Amerika bernama Bruce Mozert. Awalanya doi adalah seorang fotografer model. Tapi doi bosen sama fotosyut modeling yang gitu gitu aja, akhirnya doi coba bereksplorasi foto model di bawah air.

foto bawah air


Pada tahun tersebut, doi udah kepikiran loh bikin underwater housing untuk kamera. Yaah walaupun gak secanggih underwater housing sekarang sih. Tapi kok kepikiran aja yaa. Kaya gini loh underwater housingnya.

foto bawah air
Sumber: smithsonianmag


foto bawah air


Fotonya kreatif banget yaa gengs. Ternyata jaman dulu gak kalah kreatif dibanding sekarang. Bedannya cuma lebih mudah aja. Eh tapi kalian juga perlu tau nih. Foto yang diambil oleh Bruce Mozert ini bukan di Umbul Ponggok. Tapi di Amerika sana :D

foto bawah air


Tuh sama-sama nunjuk kan. Kalo yang sekarang nunjuk TV, kalo dulu hiburannya cuma ikan. :D

foto bawah air


Sama-sama naik kendaraan bareng. Bedanya yang satu becak, yang satunya lagi karpet terbang. :D

foto bawah air


Mungkin jaman dulu matahari masih adem kali yaa. Gak panas kaya sekarang. Jaman dulu duduk dibawah air gak perlu payung. Kalo sekarang butuh! :D

foto bawah air


Tuh kan posenya juga sama. Barangnya sama-sama jadul lagi. Vespa sama majalah Post. :D

Nah itulah bukti bahwa foto bawah air ala Umbul Ponggok sebenernya udah ada dari jaman kakek-nenek kita dulu. Gue salut banget sih sama kreatifitas Mbah Bruce Mozert ini. Kalo menurut kalian gimana gengs? Tulis di kolom komentar yaa :D