Ikan dikenal sebagai salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh, selain daging dan ayam. Gak hanya itu, ikan juga jadi makanan yang baik untuk otak, dan kandungan nutrisi pada ikan juga baik dalam menjaga kesehatan jantung.

Ikan adalah sumber makanan bernutrisi tinggi yang dibutuhkan semua orang dari segala usia. Baiknya, ikan dikonsumsi sekitar dua sampai 3 kali seminggi. Tapi, apa jadinya ya kalo kita makan ikan setiap hari?

 

Aman gak sih makan ikan setiap hari?

Source: www.drweil.com

Ikan laut diketahui punya kandungan metal seperti merkuri dan juga lainnya

Menurut laman Detik Health, seorang ahli gizi dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi MND menjelaskan bahwa makan ikan laut setiap hari perlu dihindari. Ini karena ikan laut diketahui punya kandungan metal seperti merkuri dan juga lainnya. Kabar buruknya, ikan laut udah banyak yang terkontaminasi oleh polusi laut sekarang-sekarang ini.

Walaupun kamu memasak ikan laut sampai matang dan gak memankannya secara mentah, ikan laut tetap gak bisa benar-benar bebas dari timbunan metal dan merkuri. Jadi, kamu hati-hati, terutama pada ikan kerapu, tuna, mackerel, hiu dan swordfish. Jangan makan ikan-ikan tersebut setiap hari, maksimal dua kali seminggu. Saat terlalu banyak makan ikan laut yang terpapar merkuri, kamu akan mengalami efek samping seperti sakit kepala dan susah konsentrasi. Kalo udah merasakan tanda-tanda itu, sebaiknya kamu kurangi makan ikan laut.

Baca Juga: Bukan Sushi, Ini Dia Makanan Rumahan Yang Populer di Jepang

 

Gimana cara makan ikan yang benar?

Source: duckboardsandstilts.com

Ada jenis ikan tertentu yang sebaiknya jangan dikonsumsi setiap hari

Menurut seorang ahli nutrisi dan epidemiologi dari Harvard School of Public Health (dilansir dari Kompas Lifestyle), ada sebagian orang yang baik-baik aja saat mengkonsumsi ikan setiap hari. dibandingkan dengan makan daging setiap hari, makan ikan jauh lebih baik.

Baca Juga: Patut Dicoba, Inilah Makanan yang Bikin Kamu Tetap Awet Muda!

Tapi, ada jenis ikan tertentu yang sebaiknya jangan dikonsumsi setiap hari, terutama oleh para wanita hamil. Ikan tertentu yang dimaksud adalah ikan-ikan laut yang kemungkinan punya kandungan merkuri dan jenis racun lainnya. Merkuri yang terkandung di dalam ikan sebenarnya cuma akan memicu efek neurologis yang terjadi dalam jangka pendek aja, tapi kalo ikan bermerkuri dikonsumsi anak dan janin setiap hari, ini akan mengancam kesehatan mereka.

Source: chastnosti.com

Ikan makarel

Ikan kecil biasanya mengandung merkuri yang lebih sedikit, jadi mungkin kamu bisa memilih ikan laut yang kecil untuk diolah dan dikonsumsi supaya aman. Kalo mau mengonsumsi ikan atau makanan laut, pastikan kamu tahu bahwa cuma 8 ons aja yang dianjurkan per minggunya untuk kamu konsumsi.

Ikan laut dalam seperti ikan makarel, tuna, todak, marlin, kerapu, swordfish, dan hiu cuma boleh dikonsumsi seminggu 4 kali aja dan gak sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Takaran tersebut sama dengan 140 gram pada sekali makan.

Baca Juga: Jangan Asal Pesan Steak Sebelum Kalian Baca Ini!

Ikan diketahui berkandungan tinggi sifat antikanker, mampu meningkatkan daya ingat dan fungsi otak, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, mengurangi berat badan, menjaga imunitas tubuh, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan fungsi mata, hingga menyehatkan sendi dan otot, konsumsi ikan laut dalam berlebihan alias setiap hari kurang dianjurkan. Kamu harus tahu batasannya.