Siapa yang gak suka sama es campur? Gue jamin semuanya pasti pada suka! Yap, minuman menyegarkan dari campuran es dan buah ini emang nikmat banget dimakan saat cuaca lagi panas. Duh, segarnya… jadi pada bayangin yak. Selain itu, es campur juga jadi panganan yang cocok untuk menu berbuka puasa. Kengkawan, ternyata gak cuma di Indonesia. Negara berikut juga punya kreasi es campurnya masing-masing. Wah, apa aja tuh? Cek nih.

1. Es Air Mata Kucing – Malaysia

Sumber: merahputihpos.com

Es campur yang satu ini maksudnya gimana yak gengs? Dari air mata kucing yang abis nangis gitu? Eitss… bukan bukan. Jangan pada salah paham dulu. Jadi, bahan-bahannya terdiri dari campuran sirup lo han kuo, buah kelengkeng, buah kundur, dan gula batu. Warnanya yang coklat tua bening ini ternyata baik bagi kesehatan lho, bisa mengurangi batuk dan meredakan panas dalam dalam. Tertarik buat coba?

2. Patbingsoo – Korea Selatan

Sumber: journalofdaydreamer.blogspot.co.id

Korea Selatan juga punya es campur lho, namanya Patbingsoo. Es yang satu ini sudah menjadi panganan favorit penduduk di sana. Patbingsoo memiliki beragam topping, mulai dari berbagai rasa es krim, lalu isinya ada buah-buahan, kacang merah, es serut, susu kental manis yang nikmat banget. Tenang aja gengs gak perlu jauh-jauh ke Korea selatan, restoran Patbingsoo sudah banyak ditemukan di Indonesia.

3. Es Halo-Halo – Filipina

Sumber: perutgendut.com

Kalau lihat es di atas, warnanya beragam banget yak guys. Dari namanya juga unik, Es Halo-Halo terdiri dari campuran buah-buahan segar, seperti pisang, kelapa, nata de coco, agar-agar, dan ubi-ubian. Di atas dilumuri dengan susu kental manis dan es krim. Duh, yummy banget dah :D

4. Ais Kacang - Singapura

Sumber: travelingyuk.com

Kalau kamu lagi menginjakkan kaki di Singapore, pas lagi wisata kuliner jangan lupa cobain Ais Kacang atau Es Kacang yang menyegarkan. Isinya terdiri dari es serut, susu kental manis, sirup, kacang merah, jeli, dan buah kolang-kaling. Tapi tenang aja gengs, di sana bisa request sesuai topping keinginan kamu. Cobain yuk!

5. Thap Tim Krawp – Thailand

Sumber: redaksiwanita.com

Nama es yang satu ini cukup asing kedengarannya. Es Thap Tim Krawp ini berasal dari Thailand, isinya terdiri dari buah delima merah, bengkuang, nata de coco, kuah santan, dan sirup. Duh, jadi pengen kan.

Kelima negara tersebut punya aneka kreasi es campur masing-masing gengs. Ngeliat gambarnya doang aja bikin ngiler yak. Kalian juga bisa sendiri kok di rumah karena bahan-bahannya yang mudah didapatkan. Kuy kita buat :D