Ngawi adalah kabupaten yang punya julusan sebagai "Kota Bambu", letaknya di paling ujung barat Propinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Ternyata Ngawi punya tempat wisata yang yahud banget dan kudu dijelajahi. Ini dia gue kasih tau tempat wisata yahud di Ngawi.

1. Perkebunan Teh Jamus

Sumber: alahza

Gak cuma puncak yang terkenal sama perkebunan tehnya, ternyata di Ngawi ada juga. Sangking indahnya perkebunan ini dijadiin ikon wisata di Ngawi. Letaknya di dusun Jamus, desa Girikerto, kecamatan Sine udah ada sejak jaman penjajahan Belanda loh. Selain perkebunan teh, tempat ini juga ada kegiatan seru seperti flying fox loh.

2. Waduk Pondok

Sumber: radardjowo

Posisi Ngawi yang berada di dataran tinggi, membuat kota ini gak punya wisata pantai. Tapi tenang aja Ngawi masih punya tempat wisata air yang gak kalah dari wisata pantai. Letaknya di kecamatan Dampit, kamu bisa melakukan kegiatan seru dengan memancing, main jet ski, atau berkeliling pakai perahu.

3. Air terjun pengantin

Sumber: Travelingyuk

Tempat ini berada di dusun Besek, desa Hargomulyo, kecamatan Ngambre. Kalau dari pusat kota Ngawi, lo bisa menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam. Dinamain Air Terjun Pengantin karena ada sepasang yang letaknya berdampingan dengan tinggi 12 meter. Masih jarang wisatawan yang berkunjung kesini, jadi lo buruan deh kesini hehe.

4. Benteng Pendem Van den Bosch

Sumber: Trendezia

Dari namanya aja pasti udah keliatan banget kalau tempat ini adalah peninggalan Belanda. Benteng ini masih berdiri kokoh dan punya daya tarik sendiri. Letaknya yang ada di antara Bengawan Madiun dan Bengawan Solo ini disebut "Benteng Pendem" karena tanah disekililingnya lebih rendah. Banyak ruangan yang dulu digunain buat jadi barak, gudang senjata, dan lain-lain saat masa penjajahan.

5. Air Terjun Srambang

Sumber: tripjalanjalan

Salah satu pesona yang ada di Gunung Kawi ini pas banget buat dikunjungin. Air terjun yang ada di desa Girimulyo, kecamatan Jogorogo ini tersembunyi dibalik hutan pinus. Kalau dari pusat kota, kamu bisa menempuh dengan jarak sekitar 25 km.

6. Museum Trinil

Sumber: flickriver

Jangan lupa mampir ke museum yang satu ini, kamu bisa banyak belajar tentang sejarah manusia purba. Museum ini terdapat salah satu fosil manusia purba, Phitecantropus Erectus. Fosil manusia ini memang ditemuin di Ngawi, makanya museum ini didirikan. Letaknya di dusun Pilang, desa Kawu, kecamatan Kedunggalar, sekitar 14 km dari pusat kota.

7. Air Terjun Teleng

Sumber: Tempatwisatabaru

Air terjun yang satu ini terkenal dengan pemandangan alam yang asri dan indah banget. Kalau main ke Ngawi, wajib banget mampir kesini karena air terjun yang letaknya di desa Ngrayudan ini masuknya gratis. Mantep gak tuh.

Itu dia wisata yang wajib dikunjungi kalau main ke Ngawi, jangan lupa bahagia ya gengs. Jangan lupa juga buat foto-foto cekrek buat di upload yekan hehe :D