7 Menu Vegetarian yang Indonesia Banget!

Menu Vegetarian Yang Indonesia Banget
Source: bbcgoodfood.com

Menjadi seorang vegetarian gak selalu melulu tentang menu salad yang kebarat-baratan. Negara kita, Indonesia, juga kaya akan makanan untuk para vegetarian, lho. Kalau kamu, paling suka menu vegetarian nomor berapa nih, genks?

1. Gado Gado

Gado-gado

Source: pineapplepineapple.co.nz


Makanan yang berasal dari kota Jakarta ini sudah dikenal hampir di seluruh penjuru Indonesia. Yup, Gado – Gado! Bahan-bahannya cukup sederhana. Terdiri dari beberapa sayuran seperti selada, kubis, bunga kol, kacang panjang, taoge, mentimun kemudian dicampur dengan kentang rebus, telur rebus, tempe, tahu, dan diselimuti bumbu kacang. Menu yang satu ini pas banget untuk kamu, vegetarians!

2. Ketoprak

Ketoprak

Source: travelingyuk.com


Serupa tapi tak sama, adalah kalimat yang paling tepat untuk mendeskripsikan ketoprak terhadap gado – gado. Sama – sama menggunakan bumbu kacang sebagai sausnya, tetapi ketoprak memiliki lebih sedikit sayur-sayuran. Selain itu, terdapat bihun yang menjadi ciri khas dari menu yang satu ini. Gak ada daging hewan sama sekali, menu yang satu ini juga cocok jadi pilihan para vegetarian.

3. Urap

Uraap

Source: cookpad.com


Bosan dengan saus kacang? Coba beralih ke menu vegetarian yang satu ini alias, urap. Menu yang berasal dari Jawa ini memakai campuran kelapa yang diparut kemudian dibumbui.  Menu vegetarian yang satu ini biasanya terdiri dari sayur bayam, kangkung, daung singkong, daun papaya muda, kacang panjang, taoge, dan kubis. Rasanya? Hmm, gak perlu ditanya lagi deh. Apalagi kalau kelapa parutnya dibuat agak sedikit ada rasa pedas. Yum, Indonesia banget!

4. Pepes Tahu / Tempe / Jamur

Pepes Tahu

Source: resepkoki.id


Siapa bilang vegetarian gak bisa makan pepes? Bisa kok! Eits, tapi.. jangan pepes ikan atau ayam ya. Pilih menu pepes tahu / tempe / jamur juga enak, lho! Menu vegetarian yang satu ini asalnya dari Jawa Barat dan dimasak dengan cara yang cukup unik yaitu dibungkus daun pisang dan dibakar (atau bahasanya: dipepes) di atas bara api sampai mengering. Ketika sudah matang, kamu bakal terbius dengan harumnya makanan yang satu ini!

5. Pecel

pecel ayu

Source: idntimes.com


Kembali lagi ke saus kacang, Indonesia masih punya nih menu yang gak kalah lezat dari Gado – Gado dan Ketoprak, yaitu, Pecel. Eh, bukan pecel lele atau pecel ayam lho ya! Yang satu ini adalah nasi pecel yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Saat ini diseluruh kota di Indonesia sudah banyak bisa ditemukan menu ini dan sudah banyak juga variasinya. Tapi, bahan-bahan utamanya tetap sayuran kok, jadi buat kamu para vegetarian, bisa menikmati menu pecel asalkan jangan pesan dengan daging ya!

6. Lontong Sayur

Lontong Sayur

Source: craftlog.com


Dari namanya sudah mewakilkan kok bahwa menu yang satu ini pasti cocok untuk vegetarian karena terdapat kata “sayur”. Yup, lontong / ketupat sayur adalah menu vegetarian ke-enam yang Indonesia banget. Menu yang satu ini emang ajaib karena cocok dimakan kapan aja. Pagi hari untuk sarapan, siang hari, atau bahkan malam hari bahkan dibeberapa daerah di Jakarta, ada lho ketupat sayur yang dijual sampai jam 4 pagi. Kira-kira siapa ya yang mau makan ketupat sayur subuh-subuh?

7. Gudeg

Gudeg

Source: wargajogja.net


Menu yang satu ini pasti sudah gak asing lagi kan buat kamu? Yup, gudeg, makanan khas Yogyakarta ini juga bisa jadi pilihan menu vegetarian kamu yang Indonesia banget! Rasanya yang cenderung gurih-manis karena datang dari jawa, membuat warga Indonesia juga jatuh cinta dengan cita rasanya.

Nah genks, dari ketujuh menu vegetarian yang Indonesia banget ini, favorit kamu yang mana sih?

Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Loading ...