Kengkawan, pada tahu daun sirih kan? Daun dengan bentuk melebar dan punya ukuran sedang ini banyak memiliki manfaat tersimpan yang mungkin belum kamu ketahui. Khasiatnya yang baik untuk kesehatan membuat daun sirih sering digunakan untuk obat. Cara mengonsumsinya pun beragam, ada yang langsung dikunyah, ada juga yang minum hasil dari air rebusannya. Apa nih ya gengs kira-kira manfaatnya, cek nih.

1. Mengobati Batuk

manfaat daun sirih

jokowarino.id

Batuk yang tiba-tiba datang, terkadang menggangu aktivitas kita karena tenggorokan yang terasa gatal dan sakit. Cobain deh obat herbal dari daun sirih ini, kamu bisa konsumsi setidaknya 2-3 gelas sehari.

2. Mengobati Penyakit Asma

manfaat daun  sirih

loop.co.id

Kamu salah satu orang yang punya penyakit asma? Penyakit asma datangnya kan suka gak tentu ya guys, jadi ketika tiba-tiba kambuh, biasanya kamu udah wajb ke mana pun buat bawa inhaler. Kamu bisa juga nih mengatasinya dengan meminum air rebusan daun sirih secara teratur.

3. Mengobati Iritasi Pada Mata

websitetool.us

Kalau lagi di jalan yang namanya debu pasti ada dong. Nah, ini biasnya ganggu banget buat mata kamu, apalagi kalau udah sampai masuk ke mata bakalan langsung bikin sakit mata. Daun sirih bisa juga lho meredakan mata kamu yang merah, caranya rebus daun sirih lalu airnya bisa kamu kompres untuk iritasi mata kamu.

4. Meredakan Sakit Haid

alodokter.com

Bagi wanita datang bulan (haid) terkadang mengalami nyeri pada bagian perut dan ini membuat aktivitas kamu terganggu dan gak mood buat ngapa-ngapain. Coba kamu minum air rebusan daun sirih ini selama masa haid, terbukti ini sangat membantu untuk meredakan rasa nyeri berlebih.

5. Menghilangkan Bau Mulut

caramengatasibaumulut.com

Manfaat lain dari air rebusan daun sirih yaitu dapat menghilangkan bau mulut. Bau mulut mengganggu banget dong dan bikin gak nyaman saat kamu ngomong dengan lawan bicara. Caranya berkumur dengan air rebusan daun sirih, tentunya dilakukan setelah makan dan sikat gigi.

6. Mengobati Diare

alodokter.com

Ketika diare melanda dan terjadi terus-menerus pasti sampai bikin badan lemas dan jadi kurang bertenaga saat beraktivitas. Ada 2 cara yang bisa kamu coba dengan daun sirih, pertama meminum air rebusan daun sirih, kedua dengan cara tumbuk ha;us 4-6 lembar daun sirih, 1 sendok makan minyak kelapa, dan 6 biji lada, lalu gosokkan pada perut sampai mengering. Tradisional banget ya guys.

7. Meredakan Alergi

anishnawbe-mushkiki.org

Alergi bisa disebakan banyak hal, seperti dari makanan, cuaca, dan penyebab lainnya. Rasa gatalnya itu mengganggu banget pasti dan bikin gak nyaman. Kamu bisa coba dengan menumbuk daun sirih 6 lembar, 1,5 sendok makan minyak kayu putih, dan 1 potong jahe. Oleskan pada bagian tubuh yang gatal.

Beberapa manfaat daun sirih sudah terbukti baik bagi kesehatan. So, ketika para kengkawan lagi mengalami hal-hal di atas, bisa gunakan ramuan herbal dari daun sirih. Semoga bermanfaat ya :D