Indonesia merupakan negara beriklim tropis, punya suhu yang stabil, dan cuma ada dua musim yaitu musim hujan dan kemarau. Artinya, Negara ini gak bakal kena turunnya salju gengs. Tapi, jangan sedih dan jangan bimbang, karena sebenernya negara kita juga punya daerah yang dingin dan mungkin menyerupai musim salju di luar negeri dinginnya. Daerah mana aja sih? Yoks liat 7 kota di Indonesia yang mempunyai udara dingin :D

1. Mulia, Puncak Jaya, Papua

kota di indonesia
Sumber: www.ediginting.com


kota di indonesia
Sumber: www.ediginting.com


Siapa yang tau mulia? Mulia adalah kota pegunungan kecil yang ada pada ketinggian 2.448 meter diatas permukaan laut gengs. Walaupun kayaknya kecil nih tempat, tapi tetep aja banyak orang yang berdatangan buat jalan-jalan di daerah ini gengs.

Suhu udara di Mulia bisa mencapai 15-20 derajat celcius di siang hari, kalau malemnnya bisa nyampper 10 derajat loh gengs.

2. Berastagi, Karo, Sumatera Utara

kota di indonesia
Sumber: www.duniacare.com


kota di indonesia
Sumber: hannameylicho.blogspot.co.id


Nah ini sih pastinya kalian udah sering denger kota Berastagi ya, yap kota yang ada di ketinggian 1.300 meter diatas permukaan laut ini punya udara yang dingin loh gengs soalnya diapit sama gunung Sibayah dan gunung Snabung. Suhu udara disini bisa mencapai 17-19 derajat celcius loh gengs.

3. Padang Panjang, Padang, Sumatera Barat

kota di indonesia
Sumber: hannameylicho.blogspot.co.id


kota di indonesia
Sumber: www.adventurose.com


Letaknya yang 650-950 meter di atas permukaan laut bikin daerah ini juga punya udara yang dingin. Daerah ini dikeliling tiga gunung loh, yaitu gunung Marapi, gunung Singgalang, dan gunung Tandikat. Suhu udara bisa mencapai 21-22 derajat celcius gengs.

4. Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur

kota di indonesia
Sumber: indonesiaexplorer.net


kota di indonesia
Sumber: jasaperijinanumum10.wordpress.com


Daerah dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini juga membuat Ruteng berudara dingin. Ditambah tempat wisata yang bermacam-macam bisa kamu temui di daerah ini membuat daerah ini juga sering kedatangan wisatawan.

Kalau pada saat puncak musim dingin, suhu udara daerah ini bisa mencapai 8 derajat celcius gengs.

5. Gayo Lues, Aceh

kota di indonesia
Sumber: indonesiana.co.id


kota di indonesia
Sumber: www.acehnews.net


Daerah dengan ketinggian 1.000 meter diatas permukaan laut juga menarik perhatian wisatawan untuk ngeliat gunung Leuser dan mandi di pemandian air panas Puri Betung. Suhu udara di daerah ini bisa mencapai 19-22 derajat celcius loh gengs.

6. Baturraden, Puwokerto, Jawa Tengah

kota di indonesia
Sumber: indotur.blogspot.co.id


kota di indonesia
Sumber: anekatempatwisata.com


Kota di Indonesia yang berada di ketinggian 980 meter di atas permukaan laut ini sejuk kalau siang dan dingin malemnya. Daerah ini juga punya objek wisata yang menarik perhatian pengunjung. Suhu udara disini bisa mencapai 21-26 derajat celcius gengs.

7. Wonosobo, Jawa Tengah

kota di indonesia
Sumber: panduanwisatadieng.com


kota di indonesia
Sumber: www.penabiru.com


Daerah ini adalah yang terdingin di jawa tengah gengs, suhu yang ada disini kalau siang bisa sampe 18 derajat celcius dan kalau malem bisa nyampe 13 derajat gengs. Daerah ini terkenal dengan tanah yang subur dan pemandangan eksotis.

Nah, itu tadi 7 kota di Indonesia yang gak kalah dingin sama Negara lain. Jadi, udah tau kan bahwa gak cuma Negara lain yang punya suhu dingin, Indonesia juga punya. Yaa walaupun gak turun salju sih hehe. Apakah ada daerah kalian yang lebih dingin dari kota di atas? Tulis di kolom komen ya gengs! :D