Pusing mau skripsian? Pusing belum dapet dosen pembimbing skripsi (dospem)? Eits, kayanya lu harus baca ini gengs. Yap, skripsi adalah tugas akhir lu sebelum lu bener-bener mulai memasuki dunia kerja. Skripsi juga sebagai karya lu yang terakhir selama duduk dibangku perkuliahan. So, skripsi yang mutusin lu lulus apa engga. Banyak yang resah soal skripsi gegara dospemnya nyebelin, dospemnya galak, dosbingnya minta di suplex. Emang dospem se-tebir apa sih gengs?


Sumber: riseresearcheproject.com


Nah, buat mahasiswa tingkat akhir yang mau skripsian sepertinya harus berhati-hati milih dosen pembimbing. Soale tiap dospem memiliki karakter yang berbeda-beda. Gak percaya? Tenang, gue punya list tipe dospem yang harus lu cermatin. Cekidot :D

1. Dospem Killer

dosen pembimbing skripsi
Sumber: featurepics.com


Pasti lu semua udah pada tau sama dosen pembimbing skripsi tipe ini. Banyak yang ngira dosen yang selama diperkuliahan baik, bakal baik juga di skripsi? No! salah gengs. Kebanyakan dosen yang selama diperkuliahan sangat kejam, ternyata bakal baik di skripsian. So, buat lu yang dapet dosbing tipe ini sih mohon bersabar, ini ujian gaes :D

2. Dospem Cuek


Sumber: babaimage.com


Jangankan ngarep perhatian lebih dari si dia, perhatian dosen pembimbing skripsi lu aja kurang. Ya saran gue sih lu yang harus lebih aktif buat nanya dan atur jadwal bimbingan. Intinya lu harus rajin dan terus berdoa supaya doi bisa liat hasil usaha lu. Jika perlu, kalo doi nyuruh bikin bab 1 lu langsung kerjain aja sampe bab 4 :D

3. Dospem Pilih Kasih


Sumber: dreamstime.com


Ada dibeberapa dosen pembimbing skripsi yang sangat care pada tiap anak bimbing, tapi gak sedikit juga yang pilih kasih. Saran gue sih lu cuma perlu ngekor sama temen lu yang dapet perhatian lebih itu. Misalnya belajar bareng, sharing bareng, jalan bareng, nonton bareng. Loh? :D

4. Dospem Perfeksionis


Sumber: google.com


Mungkin diantara lu sering dapet dospem skripsi yang super perfect. Semisal ketika judul lu rancu satu kata doang doi udah langsung minta ganti judul. Meskipun agak tebir tapi maksud dari si dosen ini baik kok gengs. Siapa tau hasil skripsi lu yang terbaik sejagat raya :D

5. Dospem Plin-Plan


Sumber: babaimages.com


Dapet dosen tipe ini emang agak sedikit ngeselin sih gaes. Hari pertama nyuruh A hari kedua nyuruh C. Maunya apa yak? Mungkin doi butuh di yakinkan :D

6. Dospem Genit


Sumber: google.com


Buat cewek-cewek nampaknya harus hati-hati sama dosen tipe ini. Saran gue kalo bimbingan jangan pake baju yang terlalu terbuka. Coba sedikit mengurangi bagian tubuh yang dianggap menjadi pusat perhatian. Dosen juga manusia kengkawan :D

So, itu tadi 6 tipe dosen pembimbing skripsi yang harus lu cermati sebelum memulai skripsi. Saran gue selalu berdoa dan terus berusaha, toh kalo maksimal hasilnya juga bakal memuaskan kok gengs. Selamat berskripsi ria kengkawan :D