Apa sih yang membuat sebuah tempat dianggap romantis? Apa karena pemandangannya? Sunsetnya? Bunga, kanal, atau karena punya arsitektur abad pertengahan? Atau justru sesuatu yang punya makna lebih dalam? Lebih tepatnya, gak ada yang lebih romantis daripada cerita dibaliknya, baik itu sejarah, legenda, atau bahkan cuma fiksi.

Berikut adalah 5 tempat di seluruh dunia yang punya latar belakang super romantis. Kalo kamu mencari tujuan wisata romantis selain paris dan Venesia, tempat-tempat di bawah ini bisa jadi jawabannya.

 

1. Taj Mahal

Source: www.tajmahal.gov.in

Makam itu dibangun untuk istrinya yang sangat dicintai Mumtaz Mahal, yang telah meninggal saat melahirkan.

Makam marmer megah di Agra, India ini dibangun atas perintah penguasa Mughal Shah Jahan pada tahun 1632 dan membutuhkan waktu hampir 20 tahun untuk menyelesaikan pembangunannya. Makam itu dibangun untuk istrinya yang sangat dicintai Mumtaz Mahal, yang telah meninggal saat melahirkan. Walaupun Taj Mahal sebenarnya adalah sebuah kompleks bangunan besar, bangunan yang paling menonjol dan menarik perhatian adalah makamnya yang diapit oleh empat Menara di sekitarnya. Cinta emang gak bisa diukur dengan emas, tapi kalo emang bisa, kita bisa tahu bahwa Shah Jahan mencintai Mumtaz lebih dari apapun. Sampai saat ini, Taj Mahal menjadi salah satu keajaiban dunia, sebuah warisan sejarah yang menggambarkan kebesaran cinta dan penderitaan setelah perpisahan dengannya.

Baca Juga: Tahu Gak Sih? 6 Negara Ini Dulunya Punya Nama Lain

 

2. Biara Sweetheart, Skotlandia

Source: robertharding.com

Biara Sweetheart dibangun atas perintah oleh bangsawan Dervorgilla untuk mengenang almarhum suaminya.

Biara Sweetheart (atau Biara Dulce Cor) selesai pada tahun 1275, dibangun atas perintah oleh bangsawan Dervorgilla untuk mengenang almarhum suaminya. Walaupun pada masa Dervorgilla mayoritas pernikahan antar bangsawan didasari kepentingan politik, ternyata cinta salah satu bangsawan tersebut sangat besar sehingga ia gak rela ditinggalkan oleh suaminya. Alhasil, hati suaminya yang udah meninggal diawetkan dan disimpan dalam peti dan dikuburkan di bawah tanah biara. Saat ini biara Sweetheart hanya tersisa reruntuhan, walaupun begitu, kisahnya masih menyimpan kesan tersediri di tengah lanskap sekitarnya yang hijau.

Baca Juga: Mengenal Kibber dan Bara Bangal, 2 Desa Tertinggi di Muka Bumi!

 

3. Huangshan

Source: lonelyplanetimages.com

Legenda cinta terlarang di Hangshan.

Pegunungan Huangshan adalah salah satu pegunungan terindah di Tiongkok. Pohon-pohonnya, formasi batuan yang aneh, mata air panas, dan matahari terbenam yang legendaris udah cukup untuk menjadikannya sebagai destinasi wisata romantis. Saat mendaki Gunung Huangshan, kamu mungkin melihat banyak gembok pada rantai dan pagar. Gembok-gembok ini ditinggalkan oleh pasangan kekasih yang melewati pegunungan tersebut. Mereka meninggalkan gembok dalam keadaan terkunci dan membuang kuncinya. Mereka percaya, dengan melakukannya cinta mereka bisa abadi.

Praktek ini diduga berasal dari legenda lokal. Konon, seorang lelaki jatuh cinta dengan seorang wanita muda yang cantik, tapi ayahnya melarang mereka menikah karena kedudukannya yang rendah, dan sebaliknya menunangkannya dengan seorang pria yang lebih kaya. Pada hari pernikahan, lelaki miskin dan wanita yang dicintainya kabur ke Huangshan. Lalu mereka terjun bersama dari tebing agar mereka bisa tetap bersama untuk selamanya.

 

4. Llanddwyn, Wales

Source: tomaszjanickiphoto.co.uk

Sisa-sisa gereja yang konon dibangun Dwynwen masih bisa disaksikan di Wales.

Menurut legenda, seseorang bernama Dwynwen jatuh cinta pada seorang lelaki yang gak disetujui ayahnya. Setelah berdoa kepada Tuhan untuk membantunya melupakan perasaannya, seorang malaikat muncul dan memberinya kemampuan untuk menghapus ingatannya tentang lelaki tersebut, tapi malaikat tersebut juga memenjarakannya dalam balok es. Kemudian, Tuhan memberinya tiga permintaan, Permintaan pertamanya adalah untuk dibebaskan. Permintaan keduanya adalah dia ingin cinta sejati lebih dihormati di masa depan. Setelah itu, Dwynwen mengabdikan hidupnya untuk pelayanan Tuhan dan membangun sebuah gereja kecil di pulau Llanddwyn. Kini, sisa-sisa gereja yang konon dibangun Dwynwen masih bisa disaksikan di Wales. Setiap tanggal 25 Januari, diadakan perayaan untuk mengenang Dwynwen disana.

Baca Juga: Dari Tidur di Gua Sampai di Dalam Laut, 6 Hotel Unik Ini Cuma Ada di Amerika!

 

5. Rumah Juliet

Source: palazzovictoria.com

Rumah Juliet diberikan pada sebuah rumah yang dijadikan ;atar tempat kisah legendaris Romeo dan Juliet.

Siapa sih yang gak kenal dengan kisah Romeo dan Juliet? Kisah yang ditulis oleh William Shakespeare ini mengangkat kota Verona ke dalam daftar kota romantis setelah menjadikannya latar tempatnya. Hal ini dimanfaatkan oleh pemerintah kota. Pada tahun 1905, pemerintah kota membeli sebuah rumah dari keluarga bernama Capello dan segera menyatakan bahwa itu sebenarnya adalah rumah Juliet.

Baca Juga: Lokasi Syuting Drama Korea yang Banyak Didatangi Turis

Tentu aja, Juliet gak pernah benar-benar hidup di mana pun kecuali dalam imajinasi Shakespeare karena dia adalah karakter fiksi. Tapi itu gak membuat "rumah" dan balkon Juliet sepi pengunjung. Dulu, banyak orang menulis surat dan menempelkannya di dinding dengan permen karet. Tapi, pemerintah kota Verona udah melarang kegiatan tersebut dan menetapkan denda bagi yang melakukannya.