Halo kengkawan! Kalo ngomongin soal hewan yang terancam punah, lu termasuk orang yang peduli gak sih sama kesejahteraan hewan? Karena terkadang kita suka ketemu aja sama orang yang dengan mudahnya menyiksa hewan. Gua yakin kalo para penyayang binatang sih akan geram banget denger berita kayak gini. Sama seperti yang akan gua bahas kali ini gengs, 5 spesies berikut terancam hancur bahkan punah demi tujuan dan kepentingan pribadi. Mereka dipaksa dijadikan percobaan yang otomatis lambat laun spesies dari mereka akan berkurang. Kira-kira seperti apa ya? Langsung simak aja yuk gengs.

1. Harimau

Sumber: kids.nationalgeographic.com

Spesies yang peratam adalah Harimau. Harimau telah lama menjadi target untuk pengobatan di daerah Timur. Beberapa orang berasumsi bahwa hewan terkuat di planet ini dengan mudah bisa membunuh orang. Namun, ternyata harimau telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional Cina selama ribuan tahun. Hampir setiap bagian dari harimau digunakan untuk pengobatan, mulai dari mata, kumis, otak, dan dagingnya. Penyembelihan hewan ini sudah terjadi cukup lama, beberapa subspesies sudah punah seperti Bali, Caspian dan Harimau Jawa. Sedih dah gua.

2. Paus Sperma

Sumber: isciencetimes.com

Paus sperma menghasilkan suatu zat yang disebut ambrein dalam saluran pencernaan mereka. Zat itu telah lama digunakan oleh berbagai budaya untuk mengobati fungsi seksual pada pria dan wanita. Namun, dari banyaknya spesies ikan paus, paus sperma ini dianggap paling rentan oleh Persatuan Internasional untuk pelestarian alam dan sumber daya alam.

3. Badak Hitam

Sumber: en.wikipedia.org

Pengobatan Cina telah meresepkan tanduk badak selama lebih dari 1.800 tahun, semua spesies badak hitam di Vietnam sudah dipastikan punah. Tanduk badak ini diyakini dapat menyembuhkan masalah kanker, hati, dan masih banyak lagi. Di Vietnam, harga tanduk badak lebih mahal dari pada emas yakni mencapai $100.000/kg. Buset dahhh!

4. Burung Houbara Bustard

Sumber: bbc.com

Burung langka ini hampir diburu sampai kepunahannya di Semenanjung Arab karena dagingnya yang memilki kualitas afrodisiak. Spesies burung Houbara ada dalam deretan daftar terancam punah karena terlalu banyaknya orang yang mengonsumsi daging burung ini. Pemburuan pada Houbara sangat kontroversial, karena pemburuan burung ini begitu melebihi batas. Kurang lebih nyawa dari 1000 burung yang tersisa pun terancam punah.

5. Katak Air Skrotum

Sumber: featuredcreature.com

Bayangkan saja lu berjalan di sepanjang air dan melihat katak air skrotum, lalu megambilnya dan memakannya. Terdengar jahat bukan? Tapi ternyata seseorang pernah melakukannya dan sekarang biantang ini terancam punah. Katak ini berada di Danau Titicaca, Amerika Selatan. Spesies yang terdaftar hampir punah ini sebagian besar dipanen untuk dijadikan obat afrodisiak.