Source: https://indowarta.com/hiburan/21797/tayangkan-episode-ke-11-rating-drama-korea-moonlight-drawn-clouds-park-bo-gum-kembali-sukses-tembus-20/

Ada banyak alasan yang bisa bikin lo jatuh cinta pada drama saeguk, antara lain adalah apiknya perpaduan romansa kerajaan, konspirasi istana, dan kostum serta latar pemandangan yang estetis. Selain itu, lo juga bisa sedikit mempelajari sejarah korea yang memukau dan penuh intrik.

Dengan nonton drama saeguk, lo bakal mendapat sedikit wawasan mengenai 3 kerajaan Korea: Silla, Goryeo, dan Joseon. Dan bonusnya, lo bisa menyaksikan aktor dan aktris favorit lo berakting dengan mengenakan kostum saeguk yang menawan.

Yok kita lakukan perjalanan lintas waktu dan melihat-lihat gimana keadaan Korea pada masa kerajaan dengan nonton drama saeguk. Kalo bingung mulai dari mana, lo bisa mulai aja dari 6 rekomendasi drama saeguk di bawah ini:

Hwarang

Source: http://bts.wikia.com/wiki/File:Hwarang_Poster_3.jpg

Drama ini berlatar kerajaan Silla, salah satu dari tiga kerajaan Korea yang terletak di bagian tenggara semenanjung Korea. Kerajaan Silla terkenal dengan struktur sosialnya yang kaku dan aristokrasi yang kuat. Silla memiliki sistem kasta turun temurun, dikenal dengan sebutan ‘Bone Rank System’ yang menentukan posisi seseorang dalam masyarakat berdasarkan hubungannya dengan kerajaan. Silla memunculkan ‘Hwarang’, sekelompok pejuang laki-laki yang mempelajari seni, agama, ilmu pedang, serta seni bela diri.

Sesuai dengan Namanya ‘Hwarang’ (‘Hwa’ berarti bunga, ‘Hwarang berarti ‘Ksatria Bunga’), drama ini menggambarkan sekelompok ksatria yang hidup di jaman Silla. Dengan latar belakang tersebut, drama ini memunculkan kehidupan sosial, budaya, pendidikan, serta ketidaksetaraan masyarakat yang terjadi akibat adanya sistem kasta. Daaan, ‘Hwarang’ pada kerajaan Silla tersohor karena ketampanannya, jadi gak heran kalo mata lo bakal dimanjakan oleh visual pemain yang luar biasa.

Scarlet Heart: Ryeo

Source: https://eukybearlovesdrama.wordpress.com/2016/07/06/third-peek-moon-lover-scarlet-heart-ryeo-drops-individual-character-posters/

Drama ini berlatar kerajaan Goryeo. Bercerita tentang seorang gadis masa kini yang tenggelam di sebuah danau dan bangun di sebuah istana kerajaan Goryeo. Dia merupakan sepupu dari istri salah satu pangeran di kerajaan tersebut. Beberapa di antara mereka jatuh cinta dengan gadis itu. Sedangkan gadis itu justru menambatkan hatinya pada pangeran ‘terbuang’. Kedengerannya emang kayak drama romance biasa. tapi, jangan salah. Kisah mereka justru sangat rumit dengan segala intrik yang terjadi dalam kerajaan. Akan ada banyak adegan menyedihkan yang bikin lo nangis sesenggukan.

Empress Ki

Source: https://medilubis.wordpress.com/2014/05/02/empress-ki/

Goryeo diminta mengirim sejumlah upeti dan seorang wanita muda ke Dinasti Yuan, Tiongkok. Wanita muda ini menghadapi sekian banyak rintangan demi bangkit dari kelas rendahan menjadi kaisar yang kuat di Dinasti Yuan, Tiongkok. Berkisah tentang ambisi dan cinta, ‘Empress Ki’ menyajikan aspek sejarah Goryeo di luar kerajaan itu sendiri.

Moonlight Drawn By Clouds

Source: https://korea.iyaa.com/article/2016/07/kbs-moonlight-drawn-by-clouds-rilis-poster-resmi-pertama-3464254.html

‘Moonlight Drawn By Clouds’ sukses besar di Korea. Drama ini mengisahkan tentang hungungan yang manis antara pangeran dengan kasimnya yang ternyata adalah seorang perempuan. Di awal episode sampai pertengahan, cerita cenderung manis dan lucu. Tapi, di akhir-akhir episode, akan ada ketegangan politik yang menyebabkan konflik.

Jewel In The Palace

Source: https://dramacurrent.com/2018/08/03/yuri-shin-dong-wook-drama-finalizes-cast-adds-air-date/

Jewel In The Palace sukses di lebih dari 90 negara di dunia. Memunculkan minat global terhadap budaya korea dan memperbarui semangat masyarakat korea untuk mempelajari sejarah mereka lagi.

Drama ini berdasarkan kisah nyata seorang perempuan bernama Jang geum yang menjadi dokter wanita kerajaan Joseon pertama dan perwira ketiga tertinggi di istana meskipun struktur masyarakat Joseon sangat ketat dan patriarkal.