Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

5 Negara Kecil ini Ternyata Paling Tajir di Dunia, Tertarik Tinggal di Sana?

Aji Wibowo Apr 27, 2019 5:38 AM
Kecil-kecil cabe rawit guys. Lima negara kecil ini ternyata paling tajir di dunia lho!

Kebanyakan orang pasti mikir kalo negara kaya pasti ada di Timur Tengah lantaran punya cadangan minyak dan gas bumi melimpah. Tapi faktanya ternyata gak gitu juga guys. Di dunia ini ternyata ada lima negara kecil yang jadi tajir lantaran punya sistem perbankan dan investasi yang bagus. Nah, dari sana mereka bisa dapat uang.

Dengan kekayaan melimpah, pasti bikin rakyatnya sejahtera dong? Kalo kerja di sana, pasti dapat gaji gede ya?

Ah daripada nebak-nebak, mendingkan kita langsung aja simak ulasannya. Dilansir dari Fortune, ini dia daftar 5 negara kecil paling tajir di dunia.

5. Irlandia

Pemandangan kota Dublin, IrlandiaSource: cntraveller.com
Sebagian besar pendapatan Irlandia dipake buat pendidikan

Dulunya sih Irlandia bukan negara kaya yang kita kenal seperti sekarang. Cuma mereka bisa sukses lantaran mampu mengembangkan sistem perbankan dan industri yang baik. Kalo dulu Irlandia cuma mengandalkan ekspor makanan, nah sekarang produk andalan mereka berupa komputer, perlengkapan medis, mesin listrik, dan produk kimia serta farmasi.

Yang bikin kalian makin kagum ternyata sebagian besar pendapatan Irlandia dipake buat pendidikan. Artinya setiap warganya di sana dapat pendidikan gratis alias gak usah bayar. Jadi jangan heran kalo Irlandia terkenal sebagai negara yang banyak mencetak sarjana.

Fokus Irlandia di dunia pendidikan nyatanya berbuah manis. Saat ini beberapa perusahaan besar dunia seperti IBM, Novartis, eBay, dan Microsoft tercatat sudah berinvestasi di sana.

Untuk masalah gaji, Irlandia dikenal sebagai negara yang memperhatikan upah para pekerjanya. Di sana para pekerja menerima gaji sebesar 1.563 Euro atau sekitar Rp. 25 juta tiap bulannya. Besaran nilai gaji di Irlandia ternyata kedua paling gede di Eropa lho.

4. Brunei Darussalam

Salah satu sudut kota Bandar Seri BegawanSource: remotelands.com
Salah satu sumber pendapatan terbesar Brunei berasal dari ladang minyak dan gas

Sebelumnya memang gak ada yang nyangka negara tetangga Indonesia ini masuk ke dalam jajaran negara kecil paling tajir di dunia. Salah satu sumber pendapatan terbesar Brunei berasal dari ladang minyak dan gas. Bukan cuma itu, rakyat di sana makin makmur lantaran jumlahnya yang jauh lebih sedikit ketimbang Indonesia.

Nah untuk urusan gaji di Brunei ternyata berbeda-beda guys tergantung dari jenis pekerjaan yang digeluti. Tapi biasanya para pekerja di sana dapat gaji minimal sekitar 800 dollar Brunei atau sekitar Rp. 8,2 juta per bulannya. Kalian dapat berapa guys di sini?

3. Singapura

Pemandangan kota SingapuraSource: cruise1st.com.au
Negara tetangga Indonesia ini juga menjadi pusat keuangan di dunia

Negara kecil yang terletak di Selat Malaka ini masuk ke dalam deretan negara tajir di dunia bukan karena cadangan miyak dan gasnya. Tapi Singapura mengandalkan jalur perdagangan internasionalnya. Selain itu, negara tetangga Indonesia ini juga menjadi pusat keuangan di dunia. Hal itu gak terlepas dari proses mengurus perizinan untuk bisnis di sana cuma butuh waktu tiga jam aja. Pebisnis mana yang gak tertarik dengan sistem semudah itu?

Terus gimana dengan gaji pekerja di sana? Sampai sekarang sih belum jelas berapa besaran nilai rata-rata gaji di sana. Tapi buat gambaran aja, seorang pekerja kasar aja biasanya digaji sebesar 1.000 dolar Singapura atau setara dengan Rp. 10 juta per bulan. Terus berapa gaji pekerja kantorannya ya?

2. Luksemburg

Pemandangan ibu kota LuksemburgSource: wanderlust.co.uk
Bank-bank di sana terkenal sangat menjaga data nasabahnya

Sebagian besar dari kalian pasti rada asing dengan nama negara yang satu ini. Dulunya Luksemburg dikenal sebagai negara agraris, tapi masuknya industri membuat negara ini berubah secara signifikan.

Bukan cuma itu, Luksemburg ternyata punya bisnis finansial yang mempengaruhi perekonomian negaranya. Bank-bank di sana terkenal sangat menjaga data nasabahnya. Gak heran orang sekelas Kim Jong-Il alias ayahnya pemimpin Korea Utara saat ini, Kim Jong-Un, punya aset yang disimpan di salah satu bank di sana.

Nah, meski luas negaranya gak terlalu gede tapi buat urusan gaji pekerja bisa bikin kalian melongo. Gaji seorang pegawai di sana berkisar di angka US$ 2.257 atau sekitar Rp 29 juta tiap bulannya. Nilai ini menjadi jumlah gaji paling gede di Eropa mengalahkan Irlandia.

1. Qatar

Pemandangan kota Doha, QatarSource: imgnooz.com
Negara ini tajir lantaran punya ladang gas terbesar di dunia

Qatar jadi satu-satunya negara kecil paling tajir di dunia yang mewakili Timur Tengah. Negara ini tajir lantaran punya ladang gas terbesar di dunia yang ada di tanah mereka. Gak heran kalo sekarang Qatar dikenal sebagai eksportir gas alam terbesar di dunia.

Pendapatan yang mereka dapatkan dari gas digunakan oleh pemerintah Qatar untuk membiayai dunia pendidikan, kesehatan, air, dan listrik. Bukan cuma itu, pemerintah juga ngasih subsidi bagi rakyatnya yang mau beli rumah.

Tapi kekayaan yang melimpah ternyata gak sebanding dengan gaji yang diterima oleh pekerja di sana guys. Soalnya gaji minimal di Qatar cuma sebesar 1.200 rial Qatar atau Rp 4,6 juta aja. Nah untuk pekerja migrannya sendiri digaji sebesar Rp 2,6 juta per bulan.

Well, itu dia guys deretan lima negara kecil paling tajir di dunia. Negara mana nih yang bikin kalian tertarik tinggal di sana?