Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

5 Menu Lebaran Yang Udah Pasti Ada Disetiap Rumah di Indonesia

Si Bolong Jun 25, 2017 4:00 AM
Karena menu makanan saat lebaran di Indonesia ini banyak, unik dan udah pasti enaaaak semuanya. Nah, buat lo yang gak sempet lebaran di Indonesia cukup bernostalgia aja kali yaa. Penasaran? yuuk :D

Negara yang mayoritas Muslim ini emang seru banget kalo udah ada yang namanya Iedul Fitri, selain kita saling memaafkan satu sama lain itu udah pasti ada menu yang banyak selera.

Kalo lebaran di Indonesia yang kaya akan rempah-rempah hasil bumi tanah air ini, udah pasti gak mau kemana-mana selain kumpul-kumpul dengan keluarga besar jugapastinya makan bareng sama keluarga.

Karena menu makanan saat lebaran di Indonesia ini banyak, unik dan udah pasti enaaaak semuanya. Nah, buat lo yang gak sempet lebaran di Indonesia cukup bernostalgia aja kali yaa. Penasaran? yuuk :D

1. Ketupat

menu makanan lebaran

Sumber: wikipedia.org

Menu andalan yang satu ini udah pasti ada dirumah lo semua di waktu lebaran. Main kerumah temen sambil silaturahmi untuk saling memaafkan juga pasti nyantapnya ketupat lagi.

Hahaha Ketupat yang dibuat dari beras dan dibungkus dengan daun kelapa lalu di ungkep selama beberapa jam dan disajikan dengan santen-santen yang membuat perut kelimpungan buat nahannya.

Kupat, itulah nama asli dan asal usul menjadi ketupat itu singkatan dari ngaku lepat dimana artinya mengaku salah. Jadi secara simbolik diartikan bahwa setelah satu bulan berpuasa, maka saatnya kita menyambut kemenangan dengan saling memaafkan satu sama lain.

2. Opor Ayam

menu makanan lebaran

Sumber: papasemar.com

Nah! ini salah satu teman baiknya ketupat, yees Opor Ayam. Kalo gaada opor ayam di rumah lo waktu lebara, coba lo kesamping rumah lo karena udah pasti ada tuh opor ayam.

Opor Ayam ini asli menu khas Indonesia, didalamnya banyak campuran rempah-rempah, santan dan yang pasti ayam nya yang udah mati jangan lupa.

Hati-hati buat yang suka punya masalah sama perut, makan secukupnya aja, karena kebanyakan santan bisa bikin lo bolak-balik ke kamar mandi buat nyetor. hahaha

3. Gulai Bebek/Kambing

menu makanan lebaran

Sumber: resepmakanan.com

Kalo menu yang satu ini biasanya diburu sama anak muda, karena para orang tua udah bakalan anti banget sama menu yang satu ini. Karena bisa menimbulkan penyakit kalo para otrang tua kita makan makanan menu yang satu ini.

Menu yang satu ini juga asli khas Indonesia yang di bumbui dengan rempah-rempah juga santan pastinya. Gulai Bebek/Kambing ini sebenernya udah biasa karena pasti ada di acara hajatan, tapi kalo menu yang satu ini ngga ada di waktu lebaran itu lebarannya kurang afdol cees.

4. Sambal Goreng Krecek

menu makanan lebaran

Sumber: resepdanmakanan.com

Menu yang satu ini khas Yogyakarta, ngambrak banget kalo kita ke Yogyakarta, dan kurang banget buat lo yangliburan kesana tapi ngga nyicipin menu yang satu ini sama gudeg nya yang khas.

Sambal Goreng Krecek ini juga jadi buruan untuk mereka para pemburu kuliner di saat lebaran, rasanya yang pedas dengan kerupuk kulit yang menjadi andalan, kacang dan pastinya pake rempah-rempah Indonesia. pas banget buat yang lidahnya suka pedes

5. Rendang Daging Sapi

menu makanan lebaran

Sumber: royaltumpeng.com

Rendang, siapa yang tak kenal diaaa?? menu asli padang ini udah mecahin rekon dunia dengan rasanya yang khas dan gak bakalan basi sampe kapan juga, asal diangetin terus yaak, hehehe.

Di rumah makan padang ini jeadi menu andaln dan favorit banget kalo makan di rumah makan padang. Dan entah kenapa ini juga menjadi salah satu andalan banget sama ketupat di saat-saat lebaran.

Dibuat dengan rempah-rempah dan daging sapi ini membuat lidah kita bawaanya pengen ngunyah terus. hahaha

Itu dia cees beberapa menu-menu favorit yang udah pasti ada dan di cari di moment Iedul Fitri. Indonesia emang gaada saingannya kalo soal makanan, karena negara kita emang cukup terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya. Jadi kita kudu bangga nih cees dengan makanan khas asli Indonesia.