Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

5 Kebiasaan Menarik Tentang Liga Sepak Bola Jepang J-League, Sepak Bola Indonesia Kudu Kayak Gini JUga Deh

Fandi Imam Hakiki May 8, 2017 7:00 AM
Sepak bola Jepang menjadi salah satu yang terbaik di Asia. Sebuah pertandingan di kompetisi J1-League terlaksana sangat rapi, modern, tapi tetap menjalankan tradisi. Kok bisa?

Sepak bola Jepang menjadi salah satu yang terbaik di Asia. Sebuah pertandingan di kompetisi J1-League terlaksana sangat rapi, modern, tapi tetap menjalankan tradisi. Kok bisa? Yap, sama seperti masyarakatnya gaes, Jepang merupakan negara maju dengan tingkat kedisiplinan tinggi. Negeri sakura memang menjadi contoh yang baik bagi negara-negara berkembang. Salah satu yang menjadi sorortan yaitu sepak bolanya. Jepang sering menjadi salah satu negara asia yang langganan banget kalo ada piala dunia. Berikut beberapa fakta menarik laga-laga sepak bola khas Jepang, apan aja sih? cekibrot..


1. Promosi Pertandingan Yang Tergorganisasi Dengan Baik

sepak bola jepang

Sumber: japantimes.co
 

Selain memampang jadwal di website, media cetak dan elektronik, dan media sosial, di beberapa stasiun terdekat stadion terdapat booth yang menampilkan jadwal pertandingan. 


2. Ultras Menyatu Dengan Cheerleader
sepak bola jepag
Sumber: photoshelter.com

Seperti di Indonesia, suporter klub di Jepang juga terkena wabah ultras. Namun, mereka hanya beraksi dengan bendera besar dan nyanyian, tanpa petasan dan sejenisnya.  Saat pertandingan, ada juga beberapa kawai cantik yang menjadi cheerleader. Inilah yang jarang terjadi, aksi cheerleader menyatu dengan chant ala ultras.

3. Para Ibu, Anak, Dan Booth Undian

sepak bola jepang

Sumber: windsorstar.com

Banyaknya anak-anak, orang tua, dan para ibu yang juga menjadi suporter. Di salah satu sudut stadion, panitia pertandingan menyediakan tempat khusus bagi penonton undangan yang mendapat tiket dari kuis atau undian. 
 

4. Seremonial

sepak bola jepang
Sumber: japantimes.co

Sebuah pertandingan sepak bola di Jepang adalah seremonial yang dinikmati oleh penonton. Sebelum dan sesudah pertandingan, pemain memberi hormat kepada penonton dengan tradisi membungkuk (ojigi)


5. Berburu Tanda Tangan.

sepak bola jepang

Sumber: twimg.com

Setelah pertandingan, para penonton bisa berburu tanda tangan pemain. Mereka menanti di pintu masuk utama stadion. Para pemain pun berbaju resmi dengan mengenakan setelan jas.