Berapa harga ikan hias termahal yang pernah lo beli? 100ribu? 1juta? Kalo segitu sih masih belom ada apa-apanya Sob. 5 Ikan hias berikut ini, harganya tuh setara sama mobil mewah dan rumah mewah. Soalnya, harga per ekornya bahkan ada yang sampe miliaran rupiah. Penasaran?

1. Golden Basslet

ikan hias

Sumber: lazypenguins.com

Ikan hias yang pertama adalah jenis Golden Basslet yang masih satu keluarga sama ikan Kerapu. Golden Basslet banyak ditemukan di perairan Pasifik dan Atlantik Sob. Keliatannya sih emang biasa aja ya, gak ada yang spesial. Tapi ikan ini dijual dipasaran seharga 106 Juta Rupiah.

Kenapa bisa mahal ? Soalnya ikan ini tinggal di laut dalam dan sangat pemalu sehingga sangat susah buat nemuin ikan ini. Jadinya, buat nangkep ikan ini emang effort banget Sob. Jadi harganya mahal deh.

2. Bladefin Basslet

ikan hias

Sumber: bp.blogspot.com

Selanjutnya ada ikan jenis Bladefin Basslet yang hidup di perairan Karibia. Kalo diliat sih biasa banget ya ikan ini, coraknya juga biasa banget. Terus, ikan ini juga gak bisa gede, paling mentok ukuranya gak lebih dari 4cm. Tapi, harga ikan ini per ekornya tuh 133 Juta Rupiah.

Sama kayak Golden Basslet, ikan Bladefin Basslet hidup di perairan dalam dan bersembunyi di sela karang. Jadinya susah buat nangkep ikan ini, butuh peralatan yang khusus dan canggih soalnya tempat mereka hidup tuh minim banget cahaya.

3. Peppermint Angelfish

ikan hias

Sumber: lazypenguins.com

Peppermint Angelfish pertama kali dikenalkan oleh  ekspedisi tim penelitian dari Smithsonian Institute pada tahun 2012 silam. Ikan ini termasuk jenis ikan yang eksotis dengan corak garis-garis di tubuhnya. Tapi, Peppermint Anglefish adalah ikan langka yang hidup di perairan yang sangat dalam.

Karena tergolong ikan yang langka dan di butuhkan peralatan selam yang canggih untuk dapat menemukan dan menagkap ikan ini, sehingga harga jual ikan ini sebesar 400 Juta Rupiah Sob. Cuma biar harganya semahal ini tapi banyak loh peminatnya. Gokil kan?

4. Polka Dot Stingray

ikan hias

Sumber: lazypenguins.com

Ada yang bisa liat ikannya yang mana? Polka Dot Stingray adalah jenis ikan Pari yang hidup di sungai Xingu, Brazil. Uniknya, ikan ini tuh punya bentuk kepala yang bulet sehingga ikan ini kesulitan uat menelan makanan. Bahkan, untuk bertahan hidup aja ikan ini malah butuh bantuan manusia.

Gak cuma itu, corak hitam dengan totol putih di seluruh badannya adalah hasil dari mutasi genetik. Jadinya Polka Dot Stingray termasuk ikan yang sangat eksotis. Hmm, untuk meihara ikan ini, lo harus sediain kocek sekitar 1,3 Miliar Rupiah nih Sob. Waduh, mending beli rumah ya?

5. Arwana Platinum

ikan hias

Sumber: premiumarwanashop.com

Nah, ini dia jawaranya Sob. Ikan Arwana Platinum, yang bisa ditemukan di perairan air tawar di Amerika Selatan, Asia Tenggara dan Afrika. Warna puith pada ikan ini adalah hasil dari mutasi genetik yang membuat ikan ini keliatan mewah. Setuju gak?

Buat harga per ekor ikan Arwana Platinum, dibandrol sekitar 5,3 Miliar Rupiah saja. Gila kan? Saking mahalnya ikan ini, ditanam chip identitas dalam tubuh setiap ekor ikan Arwana Platinum. Hebatnya lagi, ikan ini mampu bertahan hidup hingga lebih dari 50 tahun Sob. 

Nah, kira-kira lo mau pelihara ikan yang mana Sob? Harganya bervariatif kok, mulai dari ratusan juta sampe miliaran rupiah doang :D