Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

5 Boneka Mistis Indonesia Ini Bikin Bulu Kuduk Merinding, Syereeem!

Lucky Iman Nasokha Jan 25, 2017 2:00 PM
Halo gengs! Kalo ngomongin mistis Indonesia emang paling juara deh. Dari sosok, wilayah, kendaraan sampe makanan pun selalu dikait-kaitkan sama hal-hal berbau mistis. Tapi kalo boneka mistis Indonesia
Halo gengs! Kalo ngomongin mistis Indonesia emang paling juara deh. Dari sosok, wilayah, kendaraan sampe makanan pun selalu dikait-kaitkan sama hal-hal berbau mistis. Tapi kalo boneka mistis Indonesia punya ga ya gengs? Masa kalah sih sama Amerika yang punya Chucky sama Annabelle :D

Di Indonesia sendiri banyak loh gengs boneka yang menyatu dengan adat kebudayaan masyarakat. Beberapa boneka tersebut ada yang digunakan pada upacara-upacara, ritual adat tertentu dan juga yang dipakai untuk ritual pemanggilan hantu :D

Terus, ada juga boneka yang biasa dipakai untuk mengusir kesialan. Berikut ini 5 boneka mistis asli Indonesia yang elu kudu tau. Kuy kita simak gengs :D

1. Boneka Jaelangkung

boneka mistis indonesia
Sumber: Google.com


Siapa sih yang gak kelan boneka yang satu ini? Doi boneka pertama yang dibikin filmnya sama Rizal Mantovani dan Jose Poernomo. Jaelangkung berasal dari kata Tionghoa yakni, "Cay Lan Gong" yang artinya dewa keranjang dan "Cay Lan Tse" yang artinya dewa pelindung anak :D

Sementara jaelangkung di budaya Jawa terkenal dengan nama Nini Thowok. Nini Thowok berfungsi untuk memanggil makhluk halus. Biasanya tempat yang dipilih untuk bermain Jaelangkung ini sering dianggap angker. Hiy, mau coba gengs? :D

2. Boneka Sigale-gale

boneka mistis indonesia
Sumber: klikhotel.com


Nah yang ini boneka mistis Indonesia asli Samosir, Danau Toba gengs. Boneka ini berbentuk laki-laki dengan pakaian khas Batak. Sigale gale digerakan oleh beberapa orang, kemudian diiringi oleh irama khas Batak yakni, Sordam dan gondang Sabangun :D

Boneka Si Gale-gale awalnya diciptakan untuk mengobati penyakit seorang raja yang ditinggal mati anak tunggalnya. Namun, sekarang boneka ini dipake buat upacara penguburan seseorang yang meninggal tanpa keturunan, guna menghilangkan karma buruk :D

Kalo pemakaman udah beres, boneka Si Gale-gale harus di hancurkan gengs. buat apa ya? :D

3. Boneka Ondel-Ondel

boneka mistis indonesia
Sumber: kebudayaanindonesia.net


Boneka kesenian Betawi, Jakarta ini udah ada dari tahun 1650. Dulu Ondel-ondel digunakan untuk mengusir roh jahat. Pada zaman itu, ilmu kedokteran belum maju. Orang yakin bahwa penyebab wabah penyakit adalah roh jahat :D

Jaman dulu bikin ondel-ondel gak boleh sembarangan. Pembuat Ondel-ondel kudu nyediain aneka sesaji berupa kemenyan. Ritual itu dilakukan biar pembuatan Ondel-ondel berjalan dengan lancar. Selain itu juga agar roh yang bersemayam diondel-ondel tersebut roh baik. bukan roh jahat gengs :D

4. Boneka Badawang

boneka mistis indonesia
Sumber: iyakan.com


Badawang ini sering juga disebut dengan Memeniran gengs. Berasal dari kata meneer yang berarti orang Belanda tinggi besar. Boneka khas Sunda, Jawa Barat ini dipercaya bisa menghilangkan gangguan roh halus. Terutama roh halus para penjajah :D

Saat ini boneka Badawang mempunyai bentuk yang bermacam dan lucu. Seperti karakter punakawan yang lebih diminati anak-anak :D

5. Boneka Wayang Golek

boneka mistis indonesia
Sumber: ajini.com


Siapa sih yang gak tau boneka mistis Indonesia ini? Boneka kesenian khas tanah pasudan ini cukup tenar di Indonesia. Tapi tau gak gengs, Selain digunakan buat pertunjukan, wayang golek juga digunakan buat ruwatan. Ruwatan ini bertujuan untuk membersihkan orang tertentu dari marabahaya atau kecelakaan. Minat pake jasa wayang golek gengs? :D