Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

13 Takhayul Korea Yang Masih Dipercaya Sampai Sekarang

Nurus Sobah Nov 24, 2018 6:00 AM
takhayul korea

Source:http://www.dramabeans.com/2017/12/two-cops-episodes-3-4/

Di Indonesia kita percaya kalo duduk di depan pintu bakal menghalangi jodoh. Atau kalo nyagu gak bersih suaminya brewokan. Selain Indonesia, negara-negara lain di dunia juga punya takhayul yang mereka percaya. Begitu juga dengan Korea. Sebagai negara yang cukup modern, takhayul di Korea masih dipercaya dan dijaga secara turun temurun lho.

Sekedar pengetahuan aja, ini dia 13 takhayul dari Korea yang mungkin belum lo tahu.

 

1. Hati-hati dengan kupu-kupu

Source: https://asianmusicinvasion.files.wordpress.com/2012/04/exo-mama-sehun-hey-do-you-see-a-butterfly-or-tornado.jpg?w=800

Yang pertama adalah hati-hati dengan kupu-kupu! Walaupun keliatannya binatang ini kecil, cantik, dan rapuh, masyarakat korea percaya bahwa kalo kalian menyentuh kupu-kupu atau ngengat, kemudian menyentuh mata kalian, kalian bakal buta!

 

2. Arti bermimpi babi

Source: https://www.soompi.com/article/1094935wpp/ftislands-lee-hong-ki-sports-pig-nose-new-hwayugi-teasers

Babi, selalu jadi pertanda baik disana. Karena, dalam kebudayaan korea, babi adalah simbol kemakmuran dan kesuburan. Masyarakat korea percaya, kalo babi muncul dalam mimpi, mereka akan mendapat  keberuntungan.

 

3. Ritual sebelum ujian

Source https://twitter.com/exolusaglobal/status/979705365762924544

Sebelum menghadapi ujian, yang harus dilakukan adalah belajar! Yaiyalaaah. Tapi ada takhayul di korea yang dilakukan setelah belajar, yaitu makan makanan yang lengket. Makan makanan lengket dianggap bisa membuat materi yang udah dipelajari “nempel” di otak. Yeot, gula-gula khas korea yang lengket adalah menu wajib saat malam sebelum ujian. Dan boleh makan sebanyak-banyaknyaaaaa,

Dan juga, dilarang makan-makanan yang licin karena dianggap bisa bikin materi yang udah dipelajari “meluncuuur” keluar. Satu lagi, jangan keramas sebelum tes, nanti materinya ikut kebawa air. Ini serius lho, bukan becandaan.

 

4. Dilarang keramas saat tahun baru

Source: https://mydramalist.com/discussions/general-asia-forum/28607-mass-drama-shower-scene-collection

Selain dipercaya bisa menghilangkan materi setelah belajar, keramas di hari pertama tahun baru juga dipercaya bisa menghilangkan keberuntungan. Padahal kedengerannya seger bener ya mengawali tahun baru dengan keramas.

 

5. Hati-hati memilih hadiah untuk pasangan

Source: http://zh.fanpop.com/clubs/nana-after-school/images/38118775/title/after-school-nana-xtep-2015-wallpaper

Saat dalam hubungan berpacaran dan gak mau putus, ada beberapa hadiah terlarang yang gak boleh dilanggar. Pertama, dilarang menghadiahi sepatu, karena nanti pacar mereka bisa kabur.

Source: https://www.youtube.com/watch?v=OvnGq7w-ns0

Kedua, untuk para perempuan, dilarang memberi makan pasangan mereka ayam. Karena dipercaya bisa membuat pasangan mereka “terbang” dari mereka a.k.a  selingkuh.

 

6. Perhatikan letak tahi lalat pasangan!

Source: http://www.myfatpocket.com/beauty/beauty-trends/korean-baddie-makeup-for-the-bold-girl-in-you.html

Ngomong-ngomong soal perselingkuhan, salah satu takhayul di sana mengingatkan untuk hati-hati dengan orang yang punya tahi lalat di dekat bibir karena dipercaya bahwa mereka bukan orang yang setia.

 

7. Hati-hati dengan kipas angin.

Source: https://kpop.asiachan.com/175083

Takhayul tentang “fan death” mulai muncul pada tahun 1900-an. Masyarakat sana menganggap bahwa menggunakan kipas angin elektrik di ruangan tertutup dalam waktu yang lama bisa menyebabkan kematian karena kipas angin mengedarkan udara yang sama secara terus menerus tanpa ada oksigen “baru” yang masuk. Dipercaya, hal tersebut bisa menyebabkan mati lemas. Gak ada bukti ilmiah pada kepercayaan itu, tapi kalo kalian beli kipas angin di Korea, aka nada pengatur waktu yang akan mati saat kalian tertidur.

 

8. Jangan pernah menulis nama seseorang dengan tinta merah

Source: https://entertainment.abs-cbn.com/tv/shows/asianovelas/videos/2017/06/08/118060817-goblin-grim-reaper-nakatanggap-ng-death-announcement-card-para-kay-erin

Sejarahnya, dulu tinta merah digunakan untuk menulis nama anggota keluarga yang udah meninggal dalam kartu keluarga. Berdasarkan hal tersebut, mereka percaya bahwa menuliskan nama seseorang yang masih hidup dengan tinta warna merah merupakan doa supaya orang tersebut cepat meninggal. Walaupun udah banyak yang gak percaya dengan takhayul ini, tetap aja menulis nama orang dengan tinta merah masih jadi hal tabu di Korea.

 

9. Jangan berbisik saat malam hari

Source: https://www.youtube.com/watch?v=3Ser9z2bxGA

Berbisik di malam hari bisa mengundang roh jahat, katanya. Dalam versi lain, berbisik di malam hari dipercaya bisa mendatangkan ular, bukan roh.

 

10. dilarang menggunting kuku saat malam hari

Source: https://id.pinterest.com/bloommeredith/iu/

Kenapa? Karena potongan kuku kalian akan dimakan tikus dan tikus itu bisa bertransformasi jadi kalian lalu mencuri identitas kalian. Hayo, siapa yang mau punya kembaran tikus? Haha.

 

11. Perhatikan cara memegang sumpit

Source: http://www.dramabeans.com/2018/09/lets-eat-3-episode-14-final/

Ada beberapa takhayul mengenai sumpit. Pertama, semakin dekat jarak kedua sumpit saat dipegang, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menemukan jodoh. Mimpi buruk para jomblo nih.

Source: http://www.thefinder.com.sg/healthy-living/ask-the-experts/7-bizarre-superstitions-about-food-every-singaporean-believes/

Kedua, jangan letakkan sumpit dalam posisi berdiri di atas mangkuk yang berisi nasi. Karena, sumpit yang berdiri di atas mangkuk identik dengan dupa pada penghormatan orang yang udah meninggal. Jadi, meletakkan sumpit dengan cara tersebut mengingatkan kematian yang berarti menjauhkan keberuntungan.

 

12. Pilih hari baik sebelum pindah rumah

Source: https://i.ytimg.com/vi/W_ocdl7JPAs/maxresdefault.jpg

Mau pindah rumah? Sebaiknya periksa dulu hari baik dan buruk. Kalo enggak, kalian bisa diganggu makhluk halus. Hii, syerem. Selain itu, jangan bersihkan rumah sebelum pindah, atau hantu yang ada di rumah kalian sadar kalo kalian pindah dan mengikuti kalian.

 

13. Angka 4 dan 8

Source: http://www.dramabeans.com/2018/01/hwayugi-episode-6/

Mitos ini berasal dari kepercayaan China. Angka empat dalam bahasa China punya pengucapan yang mirip dengan kata ‘mati’. Maka dari itu di China, dan juga Korea percaya bahwa angka 4 adalah angka sial. Maka, di setiap lift biasanya tertulis ‘F’ untuk lantai 4.

Sedangkan 8 kebalikannya. Delapan adalah angka keberuntungan dan kemakmuran.