13 hantu Jepang yang syereeem dan aneh, ada yang udah ketemu mereka?

Ga hanya di Indonesia, negara Jepang juga punya hantu atau siluman yang bikin merinding sekaligus unik loh. Apa aja ya?

 

1. Shirime 

Source: yokai.wikia.com

Shirime adalah hantu unik yang memiliki mata di lubang pantat! Shirime senang menganggu seseorang yang baru saja datang ke wilayahnya dan memberikan pertanyaan sambil memperlihatkan mata pantatnya, ih ga sopan ya gaes :D Kalau korbannya lari ketakutan, shirime malah jadi senang banget loh.

 

2. Tofu Kozu

Source: plus.kapanlagi.com

Tofu Kuzo digambarkan sebagai sosok bayi raksasa dengan memakai topi bambu besar sambil membawa nampan berisi tahu yang dihiasi daun maple Jepang. Tapi, tahu yang dibawa itu beracun dan siapapun yang memakan tahu itu akan mati :(

 

3. Nuppeppo

Source: warriorsofmyth.wikia.com


Nuppeppo adalah hantu yang berbentuk gumpalan daging manusia. Mereka berjalan dengan tangan dan sering ditemukan di kuburan atau kuil kosong tengah malam loh.

 

4. Makura-gaeshi

Source: grimoriodebestias.blogspot.com


Makura-gaeshi adalah roh yang suka jahil menggeser bantal saat orang tidur. Mereka juga menaburkan pasir di mata manusia dan mengambil jiwa. Biasanya mereka hanya menjatuhkan bantal  saat pemiliknya tertidur pulas, waduh :D

 

5. Mokumokuren

Source: twitter.com/41strange

Fyi, Di zaman Jepang kuno, pintu geser terbuat dari kertas khusus yang tipis. Kertas tersebut rentan berlubang dan sobek. Nah, mokumokuren adalah roh yang mendiami kertas pintu geser yang berlubang. Kalau pemilik pintu geser ini lupa memperbaiki lubang kertas maka banyak pula mokumokuren yang mengintip lewat lubang itu. Cara untuk menghilangkan mokumokuren adalah dengan memperbaiki lubang-lubang pintu, jadi mereka ga bisa ngintip kamu bobo deh :D

 

6. Ittan Momen

Source: yokai.wikia.com

Ittan merupakan hantu sepotong kain putih sepanjang 33 kaki. Hobinya terbang bebas di malam hari loh. Makhluk ini memang engga begitu sereeem, tapi saat mereka membungkus kepala kamu dan meremukkan tengkorakmu sampai mati, ngeri juga yah :(

 

7. Akaname

Source: gramha.com

Jika kalian pernah mendengar ada suara berisik di dalam kamar mandi saat tengah malam, bisa jadi itu akaname loh. 'Akaname' berarti kotoran dalam bahasa Jepang dan juga bisa diartikan sebagai ‘penjilat kotoran’. Akaname adalah jenis hantu Jepang sereeem yang suka menjilat kamar mandi kotor dengan lidah dan air liur beracunnya. Jadi pastikan kamar mandi kalian bersih yah!
 

8. Futakuchi-Onna

Source: akibanation.com

Siapa yang sedang diet? Kadang kita suka diet dengan menyiksa biar bisa kurus dengan cepat ya :( apalagi mengubah pola makannya dengan drastis, biasanya perempuan yang suka begini.  Nah, konon perempuan yang terlalu maksa untuk diet, akan mengeluarkan mulut kedua yang berada di belakang kepala yang tumbuh secara supranatural. Mulut itu menggunakan rambut yang bergerak seperti kedua tangan untuk mengambil makanan dan memasukannya ke dalam mulut keduanya tanpa perempuan itu sadari.

 

9. Ashimagari

Source: keepsoh.com

Ashimagari adalah hantu yang suka menganggu seseorang yang sedang berjalan di malam hari. Mahluk ini muncul tepat di depan kaki dan langsung membuat sulit saat berjalan, berat dan sampai terjatuh loh. Mereka ga akan lepas sampai ashimagari puas akan aksi jahilnya itu

 

10. Oni

Source: 4travel.jp

Oni merupakan setan atau iblis yang paling terkenal di Jepang. Mereka bertanduk dan berbadan besar berwarna merah, biru atau hitam. Biasanya membawa pentungan besi hitam (kanabou). Mereka merupakan penjaga gerbang neraka Buddha. Dalam budaya jepang pada perayaan Setsubun, orang Jepang akan melakukan ritual pengusiran iblis dengan menebar kedelai di depan pintu rumahnya sambil berkata "Oni wa soto, Fuku wa uchi!" (iblis keluar, keberuntungan masuklah).

 

11. Kappa

Source: raogata.com

Hantu ini seperti setan kecil dan di sebut monyet air. Dalam cerita rakyat Jepang, ada kappa bermata satu, kappa berbulu, kappa penakut, kappa pendaki gunung dan bahkan pesta kappa. Kappa mempunyai lekukan di atas kepalanya yang berisi air dari air mata asli. Jika air tersebut tumpah, kekuatan magisnya hilang. Kappa biasanya minum darah loh,  tapi tergantung apakah mereka termasuk baik atau jahat. Kappa suka mentimun  juga. Apabila ada keluarga yang ingin dilindungi oleh kappa atau hanya untuk menghindari kesialan, beberapa orang akan menulis nama mereka di mentimun dan melemparnya di kolam  yang dipercayai tedapat kappa.
 

12. Nukekubi

Source: artmajeur.com

Pada siang hari nukekubi bisa menjadi manusia biasa loh. Cara membedakan nukekubi dengan manusia asli dengan melihat pada lehernya terdapat garis berwarna merah seperti luka. Pada malam hari, kepala nekukebi akan memanjang bahkan terpisah. Kepala hantu ini terbang untuk mencari mangsa dengan menggigitnya. Jika kepala nukekubi tidak bisa menemukan badannya hingga matahari terbit, maka nukekubi akan langsung mati, hiieeey

 

13. Azuki-arai

Source: en.wikipedia.org

Hantu ini muncul di bawah air terjun pegunungan di seluruh jepang. Wujudnya menyerupai anak kecil, orang tua cebol atau nenek-nenek yang sangat pendek. Terkadang suaranya seperti seseorang yang sedang mencuci kacang merah azuki, kadang juga terdengar nyanyian seperti ini:

Azuki togō ka, hito totte kuo ka, shoki shoki

“haruskah aku mencuci kacang azuki miliku atau aku harus menculik seseorang untuk kumakan? shoki shoki?”

Kalau ada yang berani mengganggunya, akan langsung ditenggelamkannya loh :(

 

 

Selain makhluk ghaib tadi, ada yang tahu hantu-hantu unik Jepang yang lain? Tulis di komentar yaaaa :D

 

Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Loading ...