Jaman purba emang udah ada dari dulu banget, mulai dari manusia sampe ke hewan purba pastinya sekarang udah mulai punah. Bahkan, banyak fosil-fosil manusia dan hewan purba yang pernah ditemukan, malah ada fosil hewan prasejarah kayak Dinosaurus yang ditemukan sebelum manusia menghuni bumi. Nah, kali ini gue mau kasih tau soal hewan purba yang katanya masih ada sampe sekarang, simak kuy.

1. Sponge

Sumber: mongabay

Hewan ini bukan sodaranya Spongebob ya gengs, tapi hewan ini adalah salah satu hewan yang diperkirakan udah hidup sejak 760 juta tahun lalu. Belum diketahui secara pasti berapa lama spesies ini hidup di bumi, tapi disebutkan kalau hewan ini adalah yang  tertua di dunia.

2. Jellyfish

Sumber: coolfunpedia

Sekitar 1800 jenis spesies hewan ini ternyata udah ada sejak 700 juta tahun lalu dan sampe sekarang masih hidup. Spesies yang paling mematikan adalah jenis Irukandji yang hidup di perairan pantai Australia.

3. Horseshoe Crabs

horseshoe crab

Sumber : tybeemarinescience.org

Kepiting ini merupakan salah satu jenis hewan purba yang masih hidup sampai sekarang, diperkirakan udah ada sejak 450 juta tahun yang lalu. Walau banyak mengalami evolusi, bentuk dan fisiknya gak banyak berubah. Bahkan, fosilnya aja gak pernah ditemukan.

4. Ummidia Audouini

Ummidia Audouini

Sumber : natureisscary

Hewan yang satu ini adalah salah satu jenis laba-laba dan diperkirakan udah ada dari 400 juta tahun lalu. Menurut penelitian, laba-laba ini masih satu keturunan sama kalajengking, serem.

5. Lamprey

Sumber: bbc

Hewan laut sejenis belut ini keliatannya serem karena giginya digunakan buat mengisap darah ikan sekitarnya. Hewan ini diperkirakan udah ada dari 360 juta tahun yang lalu dan termasuk yang masih hidup sampe sekarang.

6. Buaya

Sumber: regional

Wah, kalau yang satu ini sih kayaknya masih sering ditemuin yak. Ternyata hewan ini udah hidup dari 200 juta tahun yang lalu. Katanya buaya mengalami perubahan dari bentuk fisiknya, tapi gak terlalu jauh perubahannya sama bentuk buaya yang sering kita liat sekarang.

7. Sturgeon

Sumber: tnaqua

Menurut penelitian, hewan ini adalah salah satu yang masih hidup sampe sekarang. Hewan ini udah ada sejak 200 juta tahun lalu dan berevolusi dengan lambat. Ikan ini termasuk salah satu ikan bertulang belakang yang mulai punah karena sering dijadikan objek utama para pemancing.

8. Coelacanth

Sumber: bbc

Hewan yang satu ini adalah hewan purba yang masih hidup sampe sekarang dan terancam punah. Hewan ini pernah ditemukan lagi pada tahun 1938 di lepas pantai Afrika Selatan. Diperkirakan kalau hewanini udah ada dari 170 juta tahun yang lalu.

9. Martialis Heureka

Sumber: antwiki

Hewan yang satu ini udah ada dari 120 juta tahun lalu, semut yang satu in berhasil ditemukan di hutan Amazon, Brasil tahun 2000 silam. Spesies semut yang satu ini keturunan dari Martialinae.

10. Hiu Goblin

Sumber: wildkratts

Tenang ini bukan Goblin yang ada di drama korea kok, hewan yang satu ini adalah yang paling langka di dunia dan diyakini udah hidup dari 120 juta tahun lalu. Nama Goblin ini ada karena bentuknya yang jelek dan gak berbahaya.

11. Tadpole Shrimp

Sumber: bugguide

Kecebong yang mirip udang ini udah ada sejak 70 juta tahun lalu dan terancam punah. Menurut penemuan fosilnya, hewan ini berasal dari periode Upper Triassic, evolusinya juga gak secara dratis mengubah bentuknya keseluruhan.

Wah, banyak juga ya hewan purba yang masih hidup sampe sekarang, kira-kira udah berapa banyak ya mereka berkembang biak. Mana hewan purba yang pengen lo temuin, selain buaya ya gengs. Kalau buaya mah dimana-mana banyak, apalagi buaya darat hehe.