11 Hal Yang Membuat Kamu Jadi Annoying Di Media Sosial

Dalam bermain media sosial sebenarnya ga punya aturan baku yang harus dipatuhi. Tapi dalam bersosial baik dalam dunia nyata atau dunia maya, kamu yang berinteraksi dengan manusia yang lainnya tentu harus tau hak-hak orang lain juga dong. Karena di bumi kamu ga hidup sendiri dan masih membutuhkan orang lain. Dunia akan sempit dengan tingkah kamu yang seenak jidat dengan memegang dalih “uang-uang gue, hape-hape gue, hidup-hidup gue” yang menyebalkan. Apa aja hal-hal yang harus kamu hindari agar kamu ga dicap jadi orang yang annoying dan diam-diam dijauhin sama teman kamu sendiri

 

1. Sering upload foto selfie

Source: id.pinterest.com

Sesuatu yang berlebihan memang ga baik loh. Menggunggah sesuatu di internet salah satunya,  apalagi kalau isi unggahan kamu foto selfie semua. Teman kamu sendiri aja jadi bosan loh lihat foto cantik kamu yang gitu-gitu doang. Kalau bukan karena temen di dunia nyata, mereka ga akan mau ngefollow kamu loh :(

Solusinya kamu masih sangat berhak untuk memosting foto selfie kamu, tapi jangan keseringan dan diselangi dengan postingan-postinga yang lebih bervariatif seperti foto peliharaan kamu, hobi kamu, pemandangan kota, foto bareng keluarga, sahabat, pacar atau siapapun biar kelihatan rame-rame atau cuma quotes sederhana :D

 

2. Sering ngeluh

Source: me.me/i/13-year-olds-are-posting-haters-gonna-hate-all-over-5963092

Media sosial memang tempat berekspresi. Ga ada yang melarang kamu untuk curhat, memberikan informasi penting, berjualan dsb. Tapi kalau kamu selalu memamerkan masalah pribadi kamu baik lewat tulisan, video atau foto yang isinya keluhan, drama pacaran, sahabat, aib keluarga, aib suami atau istri dsb, yang ada kamu langsung dijulidin balik loh ama mereka yang ngelike atau ngelihat postingan kamu. Kamu seperti memberikan bahan gosip untuk mereka, dijadikan tontonan publik dan mungkin saja ada haters yang kesenengan lihat kamu menderita :(

Solusinya, kamu masih bisa mengekspresikan diri dengan mengunggah foto yang bernuansa suram, gelap, blue yang menandakan kamu sedang masalah, tanpa harus memberikan penjelasan detail layaknya pengumuman penting gitu :D atau kamu bisa langsung menghubungi orang yang kamu anggap penting dan curhat  secara pribadi habis-habisan di sana, atau langkah terakhir jangan memakai media sosial terlebih dahulu dan fokus dengan menenangkan diri atau menyelesaikan masalahmu langsung di dunia nyata :(

 

3. Pamer kemesraan

Source: thesocialclinic.com

Wajar-wajar aja kalau kamu lagi masa-masa kasmaran, lagi anget-angetnya. baru dilamar atau nikah sama pujaan hati. Kamu merasa menjadi pasangan paling berbahagia dan dunia seakan-akan milik kamu. Ga ada yang salah loh, kita sebagai temannya harus ikut berbahagia diatas kebahagiaannya. Tapi kalau dikit-dikit upload foto berdua, bahkan isi galeri media sosial kamu cuma berduaan doang, berbalas komentar mesra dsb. Bahkan sampai ke drama hubungan juga ikut dipamerin. Asal kalian tahu, lagi-lagi kamu dijadikan bahan julid temen-temen kamu loh, apalagi kalau kamu sampai melupakan mereka :D bahkan netizen bisa hapal kalau kamu udah jomblo lagi dengan hanya melihat hilangnya semua postingan berdua kamu :D

Solusinya, kamu masih boleh banget berbagi kebahagian kamu dengan doi loh, sesekali loh yah. Malah kamu nanti bisa jadi pakar cinta buat teman-teman jomblo kamu dengan berbagi tips masalah percintaan diunggahan kamu :D

 

4. Drama followers

Source: newsroom.fb.com

Punya teman di dunia nyata? Pastinya saling mengikuti dong di dunia maya :D kalau engga bisa-bisa ada perang dingin dan perpecahan antara kamu dan pertemanan kamu hanya karena masalah kayak gini doang. Walaupun ga akrab-akrab banget, kamu harus follow dia biar kamu ga dicap sombong dan dianggap jelek loh, rumit juga yah :D

Solusinya, kamu berhak mengikuti atau tidak mengikuti teman-teman kamu dimedia sosial. Daripada jadi fake friend yang peduli di dunia maya tapi saat kamu butuh di dunia nyata dia seperti hantu yang mudah menghilang :D pilih pertemanan yang sehat dan bermanfaat buat kamu sendiri. Walaupun memang ga ada pengaruhnya buat kamu, dengan mengikutinya, kamu bisa nambah silaturahmi loh :D banyak teman bukannya tambah bagus juga loh apalagi kalau kamu punya bisnis dimedia sosial

 

5. Sering LIVE

Source: herway.net

Di beberapa media sosial popular seperti Instagram dan facebook, punya fitur Live yang membuat kamu bisa menunjukan aktivitas yang sedang kamu lakukan secarang langsung di internet dengan mudah. Cocok banget buat kamu yang sedang punya acara penting, keperluan bisnis, atau sekedar iseng. Tapi bakal jadi annoying deh kalau kamu terlalu keseringan Live, akibatnya orang jadi males dan menghiraukan pemberitahuan Live kamu di media sosial

Solusinya, kamu masih boleh banget Live loh, tapi jangan keseringan. Titik.

 

6. Dikit-dikit pamer; pamer kok dikit-dikit :D

Source: mb.ntdin.tv

Media sosial memang ajang untuk berbagi banyak hal, ga ada yang salah kalau kamu pamer tas branded, foto bareng mobil baru, foto liburan ditempat bagus, foto lagi rapat biar kelihatan lagi kerja gitu, loh? Tapi tanggung risikonya ya, kamu akan dijadikan bahan gossip buat teman-teman kamu loh. Entah mereka yang ga suka kamu bahagia atau kamu yang emang keterlaluan keseringan unggah hal-hal seperti itu

Solusinya, kamu sangat berhak untuk berbagi yang anggap kamu bahagia. Bahkan dengan memamerkan barang mewah, pekerjaan bagus, liburan dsb itu menandakan kamu memang layak mendapatkannya, karena semua itu adalah semua usaha dan jerih payah kamu sendiri. Masalah kamu dijulidin atau engga, abaikan saja mereka. Tapi sadar diri juga ya gaes, jangan sampai keseringan :D

 

7. Sering komentar jahat

Source: business-standard.com

Kalau kamu tahu akun-akun gosip media sosial yang lagi hits, usahakan jangan komentar yang super julid dan terlalu memihak yah. Ditambah kata-kata kasar dan menjelekkan orang lain, walaupun yang mengetik itu jempol kamu, tapi dia bisa lebih tajam dari lidah kamu sendiri untuk bisa melukai seseorang loh.

Solusinya kamu berhak membaca dan mengomentari postingan-postingan berita seperti itu, tapi pikir lagi deh: urusannya kita dengan mereka apa ya? :D

 

8. Sering Spam

Source: mashable.com

Fitur instastory di Instagram dan Facebook mempermudah kamu untuk berbagi dengan teman-teman kamu secara instan loh, fitur ini akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu 24 jam. Walaupun begitu, kalau kamu ga punya maksud penting atau ga sedang berjualan atau endorse barang orang, sebaiknya kamu jangan keseringan unggah yah, jangan sampai banyak banget dan jadi titik-titik gitu. Orang yang melihat kamu sebenarnya ga peduli loh dengan apa yang kamu lakukan itu, mereka malah melihatnya dengan bosan dan melewatinya begitu aja, ckckc

Solusinya kamu bisa lihat instastory milik Fiersa Besari yang keren dan kreatif loh. Orang-orang akan tertarik dan terhibur dengan story yang kamu lakukan. Atau kamu cukup membagikan story dengan lebih padat, lugas dan cepat dengan beberapa story saja loh :D

 

9. Jarang berinteraksi

Source: objectivezero.org

Keseringan juga ga nyaman, jarang-jarang juga makin ga nyaman buat teman-teman kamu sendiri loh. Kamu terlalu apatis dan jarang memberikan respon buat orang sekitar, apalagi sampai pelit ngelike dan maunya dilike doang, duh :D atau sebaliknya, kamu peduli dan sering berinteraksi di dunia maya, tapi diam di dunia nyata.

Solusinya, media sosial memang ajang berbagi, kalau kamu ingin dihargai dan diterima, lakukan hal yang sama dan berinteraksi dengan wajar dengan teman-teman kamu yaa

 

10. Maling karya

Source: retailprophet.com

Dengan internet, kamu sangat mudah mendapatkan segala sesuatu loh. Terinspirasi oleh beberapa orang tuh wajar banget, kamu boleh nyontek dan meniru bahkan mencomot postingan orang lain. Asal jangan lupa diberi credit atau beri nama pembuatnya yang asli saat kamu menggunggah balik.

Solusinya, mungkin sebagian orang menyepelekan atau lupa, sebaiknya tegur baik-baik dan langsung beri nama pemilik asli yaa :D

 

11. Berantem di media sosial

Source: wildsunshinemedia.com

Terkadang mereka yang mengetik sesuatu di media sosial cuma bermodal jempol loh, kamu jangan sampai melihatnya sampai ke hati. Berawal dari keisengan, salah paham atau sengaja memicu pertengkaran di postingan atau kolom komentar, kamu akhirnya berdrama dan berantem hebat loh, yang ada kamu jadi pertunjukan drama bagi netizen lain. Parahnya yang bukan urasannya bisa ikut campur atau cuma ngomporin doang :D

Solusinya, Berusaha berpikir positif dan ga ikut campur dengan urusan orang lain yah, kalau pun mau berniat membantu, jangan memihak dan lihat permasalahnya dengan lengkap.

 

 

 

Nah berikut 11 hal yang harus kamu hindari agar kamu bisa bermedia sosial dengan aman dan tentram :D tapi bagi haters, apapun yang kamu lakukan pasti dianggap salah loh, jadi tetap lakukan yang menurut kamu ga mengganggu hak orang lain dan baik yaaaa, atau ada hal lain yang annoying lainnya yang bisa kamu bagi? Silakan komentar di bawah :D

Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Loading ...