Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

10 Benda Sehari-hari yang Terancam Punah, Lokit Gengs

Adimart Arminadi Dec 22, 2016 7:12 AM
Gengs, kemajuan teknologi yang pesat pada berbagai bidang memang mampu membuat hidup kita lebih mudah. Munculnya gadget-gadget canggih belakangan ini mampu menggantikan beberapa benda yang sudah ketin
Gengs, kemajuan teknologi yang pesat pada berbagai bidang memang mampu membuat hidup kita lebih mudah. Munculnya gadget-gadget canggih belakangan ini mampu menggantikan beberapa benda yang sudah ketinggalan jaman. Kita beruntung karena hidup di masa dimana sedang terjadi kemajuan teknologi, dari jaman analog ke digital, dari jaman kabel ke nirkabel, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa benda sehari-hari yang pernah kita gunakan tapi sepertinya bakalan asing buat anak cucu kita alias terancam punah karena benda-benda ini akan tergerus oleh kemajuan teknologi yang lebih maju dari sekarang. Apa aja? Ayo disimak :D

1. Walkman

terancam punah
Sumber : Theverge.com


Benda ini sempat jadi primadona pada dekade 80-90an. Gimana ngga, kamu bisa dengerin musik favorit kamu dimanapun dan kapanpun tanpa perlu bawa-bawa radio yang gede-gede. Tapi seiring jaman, gadget ini sudah mulai ditinggalkan sejak 10 tahun belakangan. Teknologi musik digital kaya mp3, mp4 dan lain-lain udah ngegantiin peran walkman sekarang ini :D

2. Mainan Tradisional

terancam punah
Sumber : Ragamseni.com


Mainan kayak kelereng, layangan, congklak dan masih banyak lagi, sepertinya bakalan makin kurang diminati oleh anak-anak. Apalagi sekarang udah ada gadget yang bisa download macem-macem game. Emang miris sih, tapi mudah-mudahan aja mainan tradisional ini mampu bertahan selamanya yah guys. Soalnya mainan tradisional ini merupakan bagian dari kebudayaan kita yang patut kita jaga dan lestarikan loh :D

3. Kamera Analog + Film

terancam punah
Sumber : Cameranote.weebly.com


Jaman dulu, menjadi fotografer ngga bisa sembarangan ngejepret. Soalnya setiap foto yang kita potret terekam dalam film khusus dengan jumlah yang terbatas. Belum lagi hasil yang kita foto ngga bisa langsung kita lihat karena harus melalui proses mencuci. Untungnya sekarang ngga serepot dulu lagi, soalnya teknologi kamera digital kian canggih. Kira-kira anak cucu kita bakalan tahu kamera analog ngga yah? :D

4. Mesin Tik

terancam punah
Sumber : Garasiopa.com


Sekarang ini kalo mau bikin sripsi, nulis novel sampe bikin artikel Dagelan semuanya pasti dikerjakan di komputer. Nah sebelum ada komputer, para penulis berkutat dengan mesin ketik bersuara khas yang satu ini. Walaupun begitu, sebenernya masih ada beberapa tempat yang menggunakan mesin ketik sebagai inventarisnya. Tapi kayanya mesin ini bakalan punah dalam beberapa tahun lagi deh soalnya ngga praktis :D

5. Mesin Fax


Sumber : Bhineka.com


Mau kirim dokumen berupa gambar, jaman dulu ada mesin fax. Kalo sekarang sih udah banyak banget alat yang memungkinkan kita mengirim gambar secara instan, efisien tapi tetap bagus hasilnya. Emang sih beberapa kantor masih menggunakan mesin fax untuk mengirim dokumen. Tapi tentunya, mesin fax ini menjadi barang yang terancam punah karena sudah banyak ditinggalin sama penggunanya :D

6. Perangko

terancam punah
Sumber : Eonet.ne.jp


Sekarang aja kita udah jarang banget ngirim surat lewat pos, apalagi nanti jamannya anak cucu kita? Dulu perangko menjadi alat pembayaran yang sah saat kita mau mengirimkan surat. Ngga heran dong kalo perangko menjadi alat yang penting untuk berkomunikasi. Sekarang ini sih orang-orang udah jarang kirim surat lewat pos. Makanya sekarang perangko cuma jadi barang koleksi aja. Tapi jangan diremehin lho, harga sebuah perangko yang langka bisa selangit :D

7. Kaset dan CD

terancam punah
Sumber : ibliotika.com


Jaman dulu waktu internet belum booming seperti sekarang, kaset menjadi primadona para pecinta musik buat dengerin musik favorit. Lalu berkembang menjadi CD dengan teknologi yang makin ringkas dan efisien. Tapi belakangan peran CD kayanya bakalan tergantikan oleh musik digital yang tersebar di dunia maya. Lama-lama kaset dan CD bakalan punah karena udah ngga ada lagi yang menggunakannya :D

8. Telepon Kabel

terancam punah
Sumber : Lazada.co.id


Ada jamannya setiap rumah punya satu nomor telpon dimana nomor itu menjadi milik bersama satu rumah. Atau telepon umum yang biasanya setiap sore selalu antri karena banyak yang mau nelpon gebetan. Tapi dengan munculnya handphone, telpon kabel tersebut mulai ditinggalkan karena dianggap tidak praktis dan ringkas. Sekarang ini setiap orang mempunyai minimal satu handphone sebagai alat komunikasi pribadi :D

9. Peta/Atlas

terancam punah
Sumber : Garasiopa.com


Lagi-lagi teknologi mampu membuat hidup kita lebih mudah. Kebayangkan jaman dulu kalo mau nyari suatu alamat kita kudu buka atlas yang tebelnya ampun-ampunan. Repotnya lagi kamu cuma bisa dapet peta/atlas satu daerah saja. Kalo mau daerah lain yah kudu beli lagi. Tapi sekarang semenjak ada Google Maps, kita ngga perlu repot-repot lagi kaya jaman dulu :D

10. Radio

terancam punah
Sumber : Bukalapak.com


Siapa yang jaman dulu suka mantengin radio buat nungguin lagu favorit diputer? Emang sih sekarang stasiun radio masih banyak, tapi untuk mesin radionya sendiri kayanya udah jarang banget dipake deh.

Sekarang, kebanyakan orang mendengarkan siaran radio melalui radio canggih di mobil atau live streaming di internet. Sedangkan, yang melalui radio analog udah jarang banget. Jadi, ngga aneh kalo radio analog termasuk barang yang terancam punah :D

Setidaknya barang-barang terancam punah di atas bakalan jadi incaran para kolektor barang antik nantinya. Mungkin 50 atau 100 tahun lagi, yang jelas benda-benda di atas menjadi bukti kemajuan teknologi manusia kian pesat :D