Hantu atau siluman pria juga banyak, seperti tuyul, genderuwo, kolor ijo dll. Tapi, dominan hantu menyerupai sosok wanita loh gaes. Hampir di seluruh dunia terdapat sosok hantu wanita yang menjadi urban legend dan ciri khas negaranya sendiri. Seperti Jepang mempunyai Sadako, Indonesia punya Mba Kunti, Amerika punya Blood Marry dan masih banyak lagi. Lalu, pernahkah kamu punya pemikiran berbeda mengenai hal ini, seperti: Kenapa wanita sering dijadikan ikon hantu ya?

 

1. Emansipasi wanita lebih efektif di dunia perhantuan

Source: beritasatu.com

Di dunia nyata yang penuh ujian, ga mudah buat seorang wanita untuk menjalaninya, mungkin butuh perjuangan ekstra untuk bisa berdiri dalam posisi yang sama dengan pria. Namun, mungkin di alam gaib, mereka juga tetap ingin meneruskan perjuangannya :D mirisnya, di dunia nyata seringkali wanita ini dijadikan objek kekerasan dan sebagainya. Nah tidak ingin terjadi dua kali, di dunia hantu, mereka harus bisa berdiri dengan kaki mereka sendiri. Malah ekstrimnya, mereka akan balas dendam dan mengejar siapa pun yang telah menyakitinya. Btw, jangan dianggap terlalu serius ya gaes :D

 

2. Skill khusus

Source: idntimes.com

Sudah jadi rahasia umum kalau wanita memiliki kemampuan khusus yang bikin pria klepek-klepek. Godaannya ajib banget, sampai pria-pria diluar sana rela ngelakuin apa aja yang diinginkan wanitanya. Skill ini dibutuhkan oleh hantu juga loh gaes, contohnya cara mereka menakuti manusia dengan menggodanya terlebih dahulu, seperti diperlihatkan fisik yang sempurna dan indah, setelah terjerat mereka akan kembali berubah menjadi sosok aslinya yang bikin kamu nyesel.

 

3.  Faktor sejarah

Source: aminoapps.com

Di Indonesia, sosok hantu terinspirasi dari Jepang selama masa penjajahan dulu loh. Contohnya, Dewa Izanagi dan Dewi Izanami: sepasang suami istri yang telah melahirkan banyak dewa-dewi dan menciptakan kepulauan Jepang. Sosoknya diwujudkan sebagai dewi yang sangat cantik, tapi saat ia wafat karena terbakar setelah melahirkan dewa api, Kagutsuchi. Sang suami, Izanagi, menolak si istri yang telah mati dan berniat menjemputnya dengan berbagai cara. namun, Izanagi terkejut melihat wujud asli Izanami yang sudah membusuk seperti mayat, lalu kabur meninggalkan istrinya. Izanami yang marah karena sikap izanagi yang menjauhinya, dia pun mengirimkan dewa peti dan para iblis untuk mendapatkan Izanagi kembali. 

Coba bandingkan dengan cerita kuntilanak, suster ngesot dll. Sama-sama sosok wanita yang disakiti dan ditinggal oleh pria. Akibat dendam kesumat membuat arwah mereka jadi lebih beringas. Kisah Izanagi ini mungkin menginspirasi kisah hantu di Indonesia loh :D

 

4. Tatapan setajam silet

Source: ceritamistis.com

Wanita punya mata yang seperti ada magnet khusus dibanding pria loh. Tajam dan seakan menyiratkan banyak arti. Ciri ini kemungkinan terbawa ke alam gaib dan bisa jadi membuat tatapan hantu wanita lebih menakutkan dan intens dibanding hantu pria

 

5. Gaya dandanan yang lebih cucok

Source: rebanas.com

Ga hanya wanita yang lebih fashionable dan lengkap di dunia nyata, di dunia perhantuan rata-rata hantu perempuannya juga kece. Gaya dandanan hantu perempuan lebih modis dan sopan dengan baju kurung lengan panjang atau baju putih kafan khasnya. Sedangkan tuyul udah ga pake baju, kolor ijo cuma pake ‘kolor’ dll :D

 

6. Sebagai pertanda bahwa wanita itu strong bosque

Source: m.caping.co.id

Jangan seenaknya menyebut wanita itu makhluk yang lemah dan bisa dijadikan objek untuk disakiti. Kalau sampai mereka ga terima dicaci-maki dan dibuat terluka, lalu sampai meninggal pun mereka akan gentayangan sampai hidup kamu ga tenang. Entah ini perasaan bersalah si pria atau hantu itu benar-benar membalaskan dendamnya dengan cara yang ga terduga. Ih sereeem :(

 

7. Rambutnya Panjang

Source: tahupedia.com

Rambut panjang wanita bikin nuansanya lebih seram loh. Coba bayangin kalau rambut hantu seperti anak punk, kribo atau warna-warni. Dikira badut salah kostum tuh. Rambut panjang di alam gaib dibuat lebih meyakinkan dengan rambut yang berantakan, kusut dan sangat panjang biar tanpa kelihatan wajahnya pun, udah terlihat syereeeeem gilak :(  

 

8. Ketawanya wanita itu…

Source: m.caping.co.id

Aslinya, ketawanya wanita itu lemah lembut dan bikin gemezz, tapi kadang juga bikin merinding secara bersamaan. Apalagi kalau ada suara cekikikan di malam hari, ihhh :(

 

9. Saat wanita emosi, jadi sosok yang paling nakutin :(

Source: randomandquick.blogspot.com

Siapa yang pernah liat drama orang pacaran? Beuh, terkadang perempuannya ganas bener. Dari kata-kata yang keluar dari mulutnya tanpa jeda, kadang lempar benda-benda di sekitarnya, bahkan saat dia marah dalam diam, itu juga hal yang paling menakutkan buat pria :( seremnya kaya setan gitu deh :D

Nah, hal ini mendorong pembentukan karakteristik hantu perempuan loh. Apalagi amarahnya dendam Mba Kunti, hiiieeey :(

 

10. Kaitan antara popularitas hantu wanita dengan layanan kesehatan dan ga ada rasa aman untuk wanita

Source: keepo.me

Ada tulisan dari  Gita Putri Damayana, seorang peneliti Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK) pada situs The Conversation, yang mengaitkan popularitas hantu perempuan tersebut dengan rendahnya akses perempuan Indonesia terhadap layanan kesehatan dan tiadanya rasa aman dari kekerasan. Seperti Si Manis Jembatan Ancol dan Sundel Bolong adalah perempuan korban kekerasan seksual yang menjadi hantu untuk menuntut keadilan

Lalu ada Kuntilanak dan Sundel Bolong gagal mendapatkan layanan kesehatan yang layak. Mereka meninggal bersama dengan bayi mereka saat persalinan. Ia menyatakan, kalau saja layanan kesehatan pada masa lalu sudah lebih baik dan kekerasan terhadap wanita bisa terus dikurangi dan diatasi dengan baik, kemungkinan besar kisah Kuntilanak, Sundel Bolong, dan Si Manis Jembatan Ancol ga akan menghantui kita saat ini, huhuhu :(

Ada juga tulisan di Cinema Poetica yang berjudul "Mengapa Hantu Indonesia Selalu Perempuan?" Hatib Kadir, mahasiswa PhD Antropologi di University of California, Santa Cruz, Amerika Serikat menjawab pertanyan itu dari tinjauan antropologi.

Menurutnya, keberadaan hantu wanita merupakan perwujudan dari alam bawah sadar akan ketakutan masyarakat modern terhadap kekuatan wanita. Para hantu wanita itu hadir seiring dengan kecemasan pria dalam menyikapi transisi prakapitalis ke industri kapitalisme. Figur hantu wanita menunjukkan bentuk ketakutan masyarakat patriarki, sekaligus frustasi terhadap modernitas yang mewajibkan orang untuk harus selalu maju dan mampu bersaing. Dan hal ini menjadikan norma kecemasan yang diproduksi dalam banyak film horor Indonesia melalui sosok hantu perempuan. Wah iya juga yah gaes :D

 

 

Dunia perhantuan memang unik yah, walau pun begitu kita harus tetap memperlakukan wanita dan pria dengan baik :) ada tambahan mengenai kenapa hantu wanita banyak banget jenisnya dibandingkan pria? Tulis dikolom komentar ya :D